Tempat Wisata Solo

ad sfasdf afda adf

Gunung Sepikul, Sukoharjo

Pegunungan batu yang berada di Desa Gentan, Kelurahan Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, berikut ini dikenal dengan nama Gunung Sepikul. Warga menjulukinya Gunung Sepikul karena bentuknya seperti barang yang siap dipikul.

Menurut legenda, Bandung Bondowoso meminta bantuan lelembut membangun seribu candi dalam semalam sebagai syarat memperistri Roro Jonggrang. Lantas, bahan untuk candi diambil dari batu kapur di pegunungan tersebut. Saat tahu bahwa Roro Jonggrang menipu para lelembut dengan membuat suasana seolah-olah sudah fajar, Bandung Bondowoso marah dan meninggalkan batu-batu itu di tempat yang sekarang dikenal dengan nama Gunung Sepikul.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan Gunung Sepikul disarankan mendaki b ...

Loji Gandrung, Surakarta

Bangunan bersejarah yang akan dibahas berikut ini terkenal karena menjadi rumah dinas Wali Kota Surakarta selama turun-temurun. Loji Gandrung namanya.

Rumah tua peninggalan Belanda berikut ini bertempat di Jalan Slamet Riyadi, jalan terbesar dan paling terkenal di Solo. Saat ini, gerbang masuk ke Loji Gandrung berbentuk melengkung dan dirambati tanaman yang menutup rangkanya.

Di depan rumah, ada jalur pejalan kaki yang kerap disebut Solo City Walk. Jalur itu membentang dari Purwosari hingga Pintu Gladak dengan jarak sekitar lima kilometer. City Walk didesain sedemikian rupa sehingga warga kota tetap nyaman walaupun berada di tengah bising suara kendaraan dan aktivitas kota lainnya.

Loji Gandrung pernah dijadikan tempat persin ...

Perpustakaan di Soloraya (2)

Menyambung daftar Perpustakaan di Soloraya (1) yang diposting sebelumnya, berikut ini daftar-daftar perpustakaan lainnya. Kali ini, kami soroti perpustakaan milik sekolah dan universitas. Mengenai akses masuk, baca, atau pinjam, kami sarankan untuk menanyakan langsung ke petugas berwenang apakah perpus yang bersangkutan terbuka untuk umum atau tidak.

1.    Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret (UNS) diresmikan pada tanggal 11 Maret 1976. Dengan diresmikannya UNS, beberapa universitas swasta dan negeri dilebur menjadi satu. Akan tetapi, perpustakaannya masih terpencar tidak di kompleks Jebres. Untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar, tahun 1981 perpustakaan dipindahkan ke Kampus Kentinga ...

Perpustakaan di Soloraya (1)

Perpustakaan adalah sebuah tempat menyimpan buku-buku. Lokasi perpustakaan yang hening membuat kegiatan membaca dan menulis bisa dilakukan dengan maksimal. Perpustakaan adalah tempat favorit sebagian besar orang yang gemar membaca.

Perpustakaan bisa dijadikan media agar siswa bisa belajar mandiri. Di tempat ini, mereka bisa menggali lebih jauh kepribadian mereka dan mencari minat serta bakat masing-masing. Diharapkan, perpustakan dapat menjadi sarana mengembangkan daya pikir untuk memecahkan masalah-masalah sehari-hari.

Menurut data UNESCO yang dilansir KOMPAS, minat membaca anak Indonesia hanya sekitar 0,01%. Kebiasaan orang Indonesia yang enggan mengkonsumsi informasi dari kegiatan membaca menjadi satu dari sekian alasan mengap ...

Sahasra Adhi Pura (Candi Sonosewu), Sukoharjo

Sahasra Adhi Pura, sebuah objek pariwisata di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, ini lebih dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Candi Sonosewu. Dari Kota Solo, jaraknya sekitar empat kilometer. Kompleks Sahasra Adi Pura ini menawarkan keindahan 50 miniatur bangunan kuno dari seluruh dunia.

Miniatur-miniatur yang dimaksud berada di sebuah tanah lapang. Piramida Suku Maya (Chicen Itza) yang aslinya berada di Yucatan, Mexico; Stonehenge dari Inggris; Piramida Agung dari Mesir; kuil Mnajdra dari Pulau Malta; Serpent Mound dari Ohio, Amerika Serikat; Axum Eturgin dari Afrika; dan lukisan batu dari Tassisi Najjer adalah beberapa miniatur bangunan yang dapat ditemukan di Sahasra Adhi Pura.

Seperti halnya lazimny ...

Dalem Kalitan, Surakarta

Dalem Kalitan adalah sebuah tempat peristirahatan Keluarga Cendana di Surakarta. Bu Tien sekeluarga tidak pernah menginap di hotel jika menyambangi Solo. Mereka beristirahat di sebuah rumah yang berada di Kampung Kalitan, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan. Lokasinya berada di dekat Jalan Slamet Riyadi dan di dekat rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung.

Dalem Kalitan berbentuk seperti istana. Gaya Joglo Jawa amat melekat di bangunan yang didirikan tahun 1789 itu. Fasilitas lengkap seperti pendopo, masjid, taman satwa, dan kolam renang tersedia di tempat tersebut. Fasilitas-fasilitas inilah yang membuat Dalem Kalitan semakin mirip sebuah istana.

Bangunan yang berada di wilayah seluas kira-kira satu hektar itu adalah m ...

Candi Karangnongko, Klaten

Candi Karangnongko ditemukan pada tahun 1970-an sudah berbentuk reruntuhan. Diketahui, candi ini dalam proses ekskavasi namun terhenti. Belum terlihat ada upaya serius untuk merekonstruksi candi, entah karena belum ada dana atau karena memang sulit dilaksanakan.

Candi tersebut ditemukan di tengah-tengah area persawahan di Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Saat ditemukan, yang tersisa hanyalah pondasi berukuran 3 x 3 meter persegi dengan tinggi sekitar setengah meter.

Terdapat sebuah foto dokumentasi hitam putih yang menggambarkan keadaan Candi Karangnongko pada waktu itu. Foto bertanggal tahun 1926 itu memperlihatkan sebuah candi yang tidak terlalu tinggi.

Meskipun sudah diberi pagar oleh Dinas B ...

Candi Bubrah, Klaten

Candi Bubrah adalah sebuah reruntuhan candi yang ditemukan di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, tepatnya di antara Percandian Rara Jonggrang dan Candi Sewu. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad kesembilan jaman Kerajaan Mataram Kuno dalam satu periode dengan Candi Sewu.

Candi yang berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, ini mempunyai material pembangun serupa dengan candi-candi di Jawa Tengah, yakni batu andesit. Ukuran candi sekitar 12 meter x 12 meter.

Asal muasal nama Bubrah diberikan kepada candi ini karena saat ditemukan candi sudah dalam keadaan rusak (bubrah artinya hancur berantakan dalam bahasa Jawa). Yang tersisa dari candi tersebut hanya reruntuhan set ...

Taman Cerdas Jebres, Surakarta

Pemerintah Kota Surakarta mendirikan Taman Cerdas, taman pendidikan di wilayah Kecamatan Jebres, karena terinspirasi dari Taman Pintar di Kota Yogyakarta. Taman Cerdas bertempat di Jalan Ki Hajar Dewantara.

Taman ini diresmikan oleh Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo, pada tahun 2014. Lokasinya yang berada di dekat kampus utama Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Institut Seni Indonesia (ISI) membuat taman pendidikan ini sering disambangi mahasiswa.

Dipilihnya kawasan Jebres sebagai tempat berdirinya Taman Cerdas bukan hanya karena dekat dengan lingkungan kampus tetapi juga atas musyawarah warga Kelurahan Jebres dengan Pemkot Solo. Kawasan Taman Cerdas dulunya lahan yang penuh semak belukar. Dikhawatirkan, lahan tersebut men ...

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>