Tempat Wisata Solo

Waduk Lalung, Karanganyar

Selasa, 7 Jun 2016

Waduk Lalung terletak di Jalan Lalung-Bekonang. Waduk ini terletak tak jauh dari jalan besar. Tepatnya, di sudut pertigaan Jalan Lalung-Bekonang dan Jalan Slamet Riyadi.

Waduk yang kini dikelola oleh BKSDA Bengawan Solo ini dulunya adalah sebuah perkampungan kecil. Perkampungan ini ditenggelamkan ketika diputuskan akan dijadikan waduk. Para warga direlokasi ke tempat yang sudah disediakan.

Seperti perkampungan pada umumnya, selain rumah-rumah warga terdapat pula makam dan pasar di kampung kecil itu. Jika bicara soal makam di Nusantara ini, masih ada saja yang mengkait-kaitkannya dengan hal mistis. Beberapa, bahkan banyak orang, mengaku melihat penampakan di sekitar waduk. Kisah seseorang yang nyaris menikah dengan hantu Waduk Lalung pun sempat masuk berita nasional.

Sejatinya, Waduk Lalung dibangun oleh Pemerintah Hindia-Belanda pada tahun 1940. Penjajah Belanda memerintahkan sejumlah inlander (orang pribumi) untuk menggarap proyek ini sampai selesai. Tahun 1942, Waduk Lalung selesai dibangun. Selesainya pembangunan waduk kebetulan bertepatan dengan pendudukan Jepang di Indonesia.

Waduk seluas 7.394 hektare ini mampu menampung sekitar 5 juta meter kubik air. Sumber air berasal dari Sungai Jetis. Adapun tujuan utama dibuatnya waduk adalah untuk mengairi sawah.

Usai mendapatkan beberapa renovasi dan rehabilitasi, kini tanggul Waduk Lalung sudah dibuat supaya tidak mudah jebol. Sepeda motor kini bisa melewati bagian atas tanggul tanpa takut roboh.

Warga setempat biasa bersantai-santai, memancing, dan jogging di sekitar Waduk Lalung. Aktivitas ini biasa dilakukan pada waktu sore hari. Jalanan sekitar Waduk Lelung yang berpaving sepanjang empat kilometer sering dijadikan warga sebagai jogging track.

Saat air waduk surut karena kemarau, pengunjung bisa melihat bekas sebatang pohon besar di dasar waduk. Menurut para pembuat waduk, pohon ini tidak dapat dipindahkan karena sangat besar. Waduk yang kering juga sering dijadikan lahan tanam palawija.

Hubungi sewa mobil Solo ixoTransport untuk memesan Paket Wisata Alam ke Waduk Lalung.