Tempat Wisata Solo

Candi Planggatan, Karanganyar

Jumat, 5 Agu 2016

Peninggalan kebudayaan Hindu berikut ini berada di dekat situs wisata alam Telaga Madirdo. Candi Planggatan berada di Dusun Tambak, Desa Planggatan, Ngargoyoso, Karanganyar. Candi yang keadaannya sekarang lebih tepat disebut sebagai situs ini berada di dekat permukiman penduduk.

Situs Planggatan berukuran cukup sempit, hanya kurang lebih 50 meter persegi. Lokasi candi berada di sebuah bukit kecil yang puncaknya ditumbuhi banyak pohon besar. Saat ini, kondisi candi hanya berbentuk reruntuhan batu.

Candi Planggatan berada di ketinggian 910 meter di atas permukaan laut. Belum ada penelitian yang mengungkap bentuk candi ini semasa masih utuh. Terlihat belum ada usaha untuk melakukan penelitian atau pemugaran candi.

Dilihat dari batuan candi yang terlihat di bagian bawah bukit, diduga ada bagian candi yang masih terkubur di dalam tanah. Batuan yang terlihat diperkirakan adalah kaki candi. Sementara batu-batu besar di antara akar-akar pohon di bagian puncak bukit adalah pusat dari Candi Planggatan.

Beberapa benda ritual keagamaan Hindu seperti arca Lingga Yoni dan bokor batu ditemukan di situs ini. Relief-relief yang ada di reruntuhan candi mirip dengan Candi Sukuh dan Candi Cetho dari segi teknik pemahatan. Relief-relief yang ada menggambarkan tokoh manusia.

Akan tetapi, satu relief yang cukup menonjol berbentuk manusia berkepala gajah. Relief penggambaran dari Gajah Wiku itu berada di dekat pahatan huruf kuno yang menunjukkan tanggal dibuatnya candi dan pendiri candi. Melihat dari situ, walaupun masih belum bisa memberikan gambaran yang utuh, diperkirakan Candi Planggatan dibangun pada akhir kejayaan Kerajaan Majapahit.

Kunjungi Situs Planggatan dengan sewa mobil Solo terpercaya, IxoTransport. Hubungi layanan rental mobil Solo di sini.