Tempat Wisata Solo

Masjid Agung Surakarta

Jumat, 10 Jun 2016

Masjid Agung Surakarta saat ini menjadi salah satu destinasi wisata kota Surakarta. Paku Buwono III membangun masjid ini pada tahun 1763. Lima tahun kemudian, masjid milik Keraton Kasunanan ini selesai dibangun yaitu pada tahun 1768.

Sebagai sebuah tempat ibadah, kedudukan Masjid Agung Surakarta di mata masyarakat dan pihak keraton dipandang lebih dari itu. Masjid ini adalah pusatnya syiar agama Islam untuk warga ndalem keraton dan warga Solo.

Masjid Agung juga dijadikan tempat menyelenggarakan ritual keagamaan kerajaan. Ritual keagamaan yang dipadu dengan kebudayaan Jawa menjadikan masjid ini berbeda dengan masjid-masjid lainnya di Kota Solo. Grebeg dan Sekaten yang diadakan setahun sekali menggunakan masjid ini sebagai salah satu tempat penyelenggaraan tahap-tahap ritual.

Keberadaan masjid dan rumah penduduk dipisahkan dengan sebuah tembok setinggi 3,25 meter. Dengan lahan seluas 19.180 meter dan tembok pemisah, Masjid Agung Surakarta dari luar memang tampak agung dan megah.

Bentuk fisik Masjid Agung Surakarta berbeda dengan masjid-masjid lainnya di Jawa Tengah. Umumnya, sebuah masjid di lokasi yang kental dengan kebudayaan Jawa mengambil rancang bangun bergaya tradisional Jawa. Akan tetapi, Masjid Agung Surakarta memiliki atap bertumpang tiga dan berpuncak mahkota (gaya tajug). Arsitektur bernuansa perpaduan Jawa-Islam semakin terlihat di dalam kompleks masjid.

Masjid Agung Surakarta adalah salah satu syarat agar Keraton Kasunanan memenuhi kriteria sebagai pusat pemerintahan dalam tradisi Islam. Secara keseluruhan, menurut tradisi Islam, sebuah pusat pemerintahan harus mempunyai tempat tinggal raja, dalam hal ini telah dipenuhi dengan adanya Keraton Kasunanan. Syarat kedua adalah tempat untuk melangsungkan kegiatan ekonomi, dalam hal ini telah dipenuhi oleh Pasar Klewer. Yang ketiga adalah mempunyai tempat pertemuan rakyat yaitu diwujudkan dengan adanya Alun-alun. Serta yang terakhir mempunyai tempat beribadah utama dan tempat berkumpulnya para mukmin, dalam hal ini diwujudkan dengan pembangunan Masjid Agung Surakarta.

Kunjungi Masjid Agung Surakarta dengan memanfaatkan jasa sewa mobil IxoTransport di ixotransport.com.