Tempat Wisata Solo

Kawasan Perdagangan Coyudan, Surakarta

Selasa, 14 Jun 2016

Kawasan Perdagangan Coyudan dikenal masyarakat Solo sebagai kawasan belanja yang cukup lengkap dengan harga kompetitif. Masyarakat luar Solo yang baru pertama kali mengunjungi kota ini mungkin bisa menjadikan destinasi Coyudan sebagai destinasi berikutnya setelah mengunjungi destinasi budaya dan kuliner.

Meskipun kini telah menjelma menjadi kawasan modern, tata kota dan bangunan kawasan Coyudan masih mencerminkan beberapa ciri bangunan Eropa masa penjajahan. Jalanan sempit dan bangunan kuno meliputi kawasan Jalan Yos Sudarso, Jalan Bedhoyo, Jalan Gatot Subroto, Jalan dr. Radjiman, dan Jalan Kalilarangan.

Setidaknya, ada tiga hal yang menarik dari kawasan Coyudan. Pertama, Pasar Singosaren yang terdiri dari pasar tradisional dan pasar modern. Kios-kios di sebelah utara, masuk ke gang kecil, diperutukkan bagi pedangan pasar tradisional. Sedangkan muka pasar digunakan untuk tenantmodern seperti Matahari Department Store hingga Kentucky Fried Chicken.

Pasar Singosaren pernah terbakar hangus pada tahun 1997 saat Era Reformasi. Massa yang marah kepada pemerintahan Orde Baru melampiaskan kemarahan mereka dengan cara membakar tempat-tempat publik.

Sempat vakum selama tiga tahun, Pasar Singosaren kini dikenal luas sebagai pusat telepon seluler. Warga dari seluruh Soloraya sering menjadikan Singosaren tempat membeli gadget baru maupun bekas.

Di sepanjang Jalan dr. Radjiman wilayah Coyudan, berjajar toko-toko sepatu dan tas. Warga Solo sering menjadikan tempat ini rujukan pertama membeli sepatu dari berbagai merek dan jenis. Banyaknya toko yang ada di sini membuat harga sepatu dan tas kompetitif.

Sementara itu, pemandangan berbeda bisa dilihat di Jalan Kalilarangan dan sekitarnya. Beragam kios sablon, plat nomor, stempel, papan nama, dan semacamnya ada di sini. Tempat ini merupakan pilihan utama warga Solo yang ingin memesan barang-barang tersebut.

Hubungi rental mobil Solo IxoTransport untuk mendapatkan penawaran paket wisata menarik menjelajahi seluruh sudut Kota Solo.