Tempat Wisata Solo

Candi Sewu, Klaten

Rabu, 15 Jun 2016

Candi Sewu merupakan salah satu candi yang masuk dalam kompleks wisata Candi Prambanan. Lokasi candi ini adalah di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Candi ini, bersama dengan candi-candi di kompleks Prambanan, menjadi indikator bahwa daerah tersebut dulunya adalah daerah urban.

Selain sebagai indikator kehidupan urban, Candi Sewu menjadi cerminan keharmonisan hidup antarumat beragama, khususnya Hindu dan Buddha. Letak Candi Sewu yang bercorak Buddha ini tergolong dekat dengan Candi Prambanan yang bercorak Hindu.

Candi Sewu merupakan perwujudan kepribadian seorang raja yang bijaksana. Rakai Panangkaran dan Rakai Pikatan, dua raja Mataram beragama Hindu, adalah perancang Candi Sewu yang dimaksudkan sebagai tempat berdoa umat Buddha.

Nama “Sewu” dalam bahasa Jawa mempunyai arti “seribu”, Akan tetapi, bisa dipastikan nama tersebut tidak merujuk ke jumlah candi di gugus Candi Sewu. Walaupun banyak, hitung-hitungan total tidak sampai ada seribu candi. Nama Sewu kemungkinan diambil dari kisah Roro Jonggrang yang meminta dibuatkan seribu candi dalam semalam.

Satu candi utama, delapan candi antara, dan 240 candi perwara adalah jumlah candi di gugus candi Sewu ini. Kesemuanya disusun sehingga membentuk pola simetris.

Paket wisata Candi Sewu dapat dipesan melalui kontak jasa rental mobil Solo IxoTransport berikut ini.