Tempat Wisata Solo

Pusat Grosir Solo

Sabtu, 18 Jun 2016

Kota Solo, sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Tengah, mungkin tidak terlalu dikenal sebagai kota pusat perbelanjaan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Kota Solo mulai dijejali pusat perbelanjaan modern.

Kehadiran pusat perbelanjaan modern, mulai muncul awal tahun 2000, ini nyatanya tidak mengikis keberadaan pasar tradisional. Bahkan, di beberapa tempat, pengunjung masih bisa melakukan kegiatan tawar-menawar barang. Ini tentunya tidak seperti toko modern yang memiliki harga pasti.

Pusat Grosir Solo (PGS) adalah salah satu pusat perbelanjaan modern di Solo yang masih nguri-uri budaya tawar-menawar. Adapun komoditas utama yang ditawarkan PGS adalah produk batik jadi seperti kemeja, kebaya, kaos, rok, dll.

Destinasi tempat belanja PGS beralamatkan di Jalan Mayor Sunaryo No. 1 Gladag. Lokasinya dekat dengan beberapa spot wisata di Solo, seperti Keraton Kasunanan, Pasar Klewer, Benteng Vastenburg (Fort Surakarta), Gedung Bank Indonesia, dan Kampung Batik Kauman.

Di depan PGS, terdapat rel kereta api khusus kereta api tujuan Wonogiri. Kadang-kadang, kereta api uap Jaladara yang merupakan kereta api wisata lewat di rel ini.

PGS sangat digemari para tengkulak karena dibeli secara grosir (tentu saja, sesuai namanya “Pusat Grosir Solo”). Akan tetapi, para pembeli yang tidak menjual kembali tetap bisa membeli secara eceran.

Fasilitas yang disediakan PGS adalah gedung lima lantai berkavling 1.221. Ada 25 lot tempat parkir mobil dan 350 lot tempat parkir sepeda motor. Eskalator, lift, toilet, cleaning service, sprinkledan alat pemadam api, loading dock, genset, CCTV, dan keamanan 24 jam adalah beberapa fasilitas yang diunggulkan oleh pengelola PGS.

iXoTransport menyediakan jasa sewa mobil murah untuk daerah Solo dan sekitarnya. Anda bisa hubungi kami di kontak yang tersedia.