Tempat Wisata Solo

Monumen Pers Nasional, Surakarta

Selasa, 29 Nov 2016

Monumen dan museum khusus pers nasional Indonesia berikut ini didirikan pada tanggal 9 Februari 1978. Realisasi pendirian museum ini berlangsung sekitar 20 tahun sejak pertama kali dicetuskan tahun 1940-an. Presiden RI kedua, Soeharto, meresmikan museum ini di bawah Yayasan Pengelola Sarana Pers.
 
Pada tahun 1940-an, jurnalis-jurnalis Indonesia termasuk B.M. Diah, Soemanang, dan Soedarjo Tjokrosisworo berinisiatif mengadakan kongres di Surakarta. Gedung yang mereka gunakan untuk kongres pers adalah Gedung Sositet Sasono Suko, Mangkunegaran.
 
Kongres tersebut membuahkan hasil salah satunya adalah pendirian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada tanggal 9 Februari 1941. Tanggal 9 Februari kini diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Gedung tempat penyelenggaraan kongres pers itulah yang saat ini difungsikan sebagai Monumen dan Museum Pers Nasional.
 
Kompleks monumen pers terdiri atas gedung societeit lama, yang dibangun pada tahun 1918, dan beberapa gedung lain yang ditambahkan selama pembangunan monumen pers tahun 1970-an. Monumen Pers Nasional saat ini terdaftar sebagai salah satu Cagar Budaya Indonesia.
 
Koleksi museum pers sebagian besar berupa koran dan majalah. Di tempat ini, pengunjung seakan-akan bisa kembali menjelajahi waktu di masa lampau melalui berbagai naskah dan dokumen kuno yang disimpan museum ini. 
 
Perpustakaan museum berisi lebih dari 13.000 koleksi buku, dokumen, naskah, dan majalah kuno. Koleksi selain buku adalah pemancar radio pada jaman perang kemerdekaan, kamera kuno, koleksi foto, seragam kerja para jurnalis jaman dahulu, dan mesin ketik yang mereka gunakan untuk mengolah berita.
 
Semua fasilitas yang disediakan oleh Monumen Pers, termasuk ruang multimedia, dapat diakses gratis oleh masyarakat. Di depan monumen pers, terdapat papan tempat menempelkan koran dari berbagai media massa, seperti Solopos, Republika, dan Suara Merdeka. Dengan adanya papan tempel koran ini, berita dapat diakses oleh siapa saja.
 
Jasa sewa mobil Solo, iXoTransport, menyediakan paket city tour Kota Solo dengan harga bersaing. Dapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak kami.