Tempat Wisata Solo

Taman Cerdas Jebres, Surakarta

Senin, 27 Jun 2016

Pemerintah Kota Surakarta mendirikan Taman Cerdas, taman pendidikan di wilayah Kecamatan Jebres, karena terinspirasi dari Taman Pintar di Kota Yogyakarta. Taman Cerdas bertempat di Jalan Ki Hajar Dewantara.

Taman ini diresmikan oleh Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo, pada tahun 2014. Lokasinya yang berada di dekat kampus utama Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Institut Seni Indonesia (ISI) membuat taman pendidikan ini sering disambangi mahasiswa.

Dipilihnya kawasan Jebres sebagai tempat berdirinya Taman Cerdas bukan hanya karena dekat dengan lingkungan kampus tetapi juga atas musyawarah warga Kelurahan Jebres dengan Pemkot Solo. Kawasan Taman Cerdas dulunya lahan yang penuh semak belukar. Dikhawatirkan, lahan tersebut menjadi sarang kejahatan. Dengan adanya taman ini, diharapkan lahan seluas 3.000 meter persegi itu dapat dimanfaatkan secara positit oleh warga Solo.

Fasilitas yang disediakan oleh Taman Cerdas adalah lahan parkir, taman bermain, perpustakaan, mini aula, taman dinosaurus, taman purba, komputer berinternet, Wi-Fi, masjid, dan teater terbuka. Akses masuknya gratis sehingga banyak mahasiswa tertarik menghabiskan waktunya untuk mengerjakan tugas di tempat itu.

Awalnya, Taman Cerdas dibuka 24 jam dengan tujuan untuk memberikan akses sarana pendidikan gratis bagi semua kalangan. Akan tetapi, keputusan ini ternyata disalahgunakan beberapa oknum. Maka dari itu, pengelola menetapkan batas kunjungan Taman Cerdas dari pagi hingga pukul 22.00 WIB. Pengelola pun menambah sistem keamanan dan petugas keamanan bersertifikat untuk menjaga kenyamanan ruang publik ini.

Jasa sewa mobil Solo, IxoTransport, memberikan layanan City Tour Kota Solo dengan harga bersaing. Silakan hubungi kontak kami di nomor yang tersedia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.