Tempat Wisata Solo

Candi Bubrah, Klaten

Selasa, 28 Jun 2016

Candi Bubrah adalah sebuah reruntuhan candi yang ditemukan di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, tepatnya di antara Percandian Rara Jonggrang dan Candi Sewu. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad kesembilan jaman Kerajaan Mataram Kuno dalam satu periode dengan Candi Sewu.

Candi yang berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, ini mempunyai material pembangun serupa dengan candi-candi di Jawa Tengah, yakni batu andesit. Ukuran candi sekitar 12 meter x 12 meter.

Asal muasal nama Bubrah diberikan kepada candi ini karena saat ditemukan candi sudah dalam keadaan rusak (bubrah artinya hancur berantakan dalam bahasa Jawa). Yang tersisa dari candi tersebut hanya reruntuhan setinggi dua meter. Reruntuhan itu adalah batur (kaki candi). Beberapa arca Buddha yang ditemukan juga sudah tidak utuh lagi.

Selain fakta-fakta tersebut, tidak banyak informasi yang bisa disampaikan hingga saat ini. Dibandingkan dengan candi-candi bercorak Buddha yang telah ditemukan, Candi Bubrah ini relatif kecil.

Candi ini diliputi pagar terkunci sehingga tidak bisa diketahui ukuran tepatnya. Yang menarik dari candi ini adalah pahatan simetris menghiasi sepanjang pelipit atas. Dinding kaki candi bersih, tidak terlihat ada sisa relief. Juga ada sebuah tangga di sebelah timur untuk naik ke selasar.

Rental mobil Solo iXoTransport menawarkan mobil sewaan dengan harga terjangkau dari berbagai merek. Silakan hubungi kontak kami untuk informasi selengkapnya.