Tempat Wisata Solo

Dalem Kalitan, Surakarta

Senin, 11 Jul 2016

Dalem Kalitan adalah sebuah tempat peristirahatan Keluarga Cendana di Surakarta. Bu Tien sekeluarga tidak pernah menginap di hotel jika menyambangi Solo. Mereka beristirahat di sebuah rumah yang berada di Kampung Kalitan, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan. Lokasinya berada di dekat Jalan Slamet Riyadi dan di dekat rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung.

Dalem Kalitan berbentuk seperti istana. Gaya Joglo Jawa amat melekat di bangunan yang didirikan tahun 1789 itu. Fasilitas lengkap seperti pendopo, masjid, taman satwa, dan kolam renang tersedia di tempat tersebut. Fasilitas-fasilitas inilah yang membuat Dalem Kalitan semakin mirip sebuah istana.

Bangunan yang berada di wilayah seluas kira-kira satu hektar itu adalah milik Paku Buwono X sebelum tahun 1965. Beliau menghibahkan bangunan tersebut kepada Kanjeng Gusti Ratu Alit, putra bungsunya. Dalem Kalitan kemudian dijadikan merupakan sebutan terhadap bangunan milik Ratu Alit tersebut.

Terdapat tiga bagian rumah di Dalem Kalitan. Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto, beserta istrinya, Bu Tien Soeharto, biasanya memanfaatkan pendopo untuk menemui tamu-tamunya. Sekarang ini, bagian pendopo digunakan masyarakat umum untuk mengadakan pertemuan.

Bagian kedua adalah ruang tengah (pringgitan) yang berisi banyak dokumentasi foto-foto. Terdapat foto Pak Harto dan Bu Tien, penghargaan-penghargaan, dan cinderamata. Sertifikat gelar pahlawan nasional milik Bu Tien Soeharto dipajang di depan pintu utama ruang tengah.

Sementara itu, bagian ruangan terakhir adalah senthong atau kamar tidur. Sesuai fungsinya, senthong digunakan untuk beristirahat Keluarga Cendana.

Total ruangan ada 38 buah sudah termasuk ruang pribadi Keluarga Cendana. Dalem Kalitan ini sebenarnya pada awalnya dimaksudkan untuk orang tua Pak Harto yang menyukai acara dengar gamelan.

Hingga saat ini, sudah banyak tokoh-tokoh nasional dan turis mancanegara yang mengunjungi Dalem Kalitan. Dari Keluarga Cendana, yang paling sering terlihat menginap di Dalem Kalitan adalah anak perempuan Soeharto.

Perusahaan jasa sewa mobil Solo, iXoTransport, menyediakan paket wisata keliling Kota Solo dengan harga terjangkau. Segera hubungi kontak kami di nomor yang tercantum di situs ini.