Tempat Wisata Solo

Waduk Lalung, Karanganyar

Waduk Lalung terletak di Jalan Lalung-Bekonang. Waduk ini terletak tak jauh dari jalan besar. Tepatnya, di sudut pertigaan Jalan Lalung-Bekonang dan Jalan Slamet Riyadi.

Waduk yang kini dikelola oleh BKSDA Bengawan Solo ini dulunya adalah sebuah perkampungan kecil. Perkampungan ini ditenggelamkan ketika diputuskan akan dijadikan waduk. Para warga direlokasi ke tempat yang sudah disediakan.

Seperti perkampungan pada umumnya, selain rumah-rumah warga terdapat pula makam dan pasar di kampung kecil itu. Jika bicara soal makam di Nusantara ini, masih ada saja yang mengkait-kaitkannya dengan hal mistis. Beberapa, bahkan banyak orang, mengaku melihat penampakan di sekitar waduk. Kisah seseorang yang nyaris menikah dengan hantu Waduk Lal ...

Pantai Banyutowo, Wonogiri

Pantai berikut ini merupakan lokasi pertemuan antara air laut yang asin dan air sungai bawah tanah yang tawar. Adalah Pantai Banyutowo, sebuah pantai yang terletak di Desa Gudangharjo, Kecamatan Parangguripto, Kabupaten Wonogiri, yang memiliki karakteristik “dua rasa”. Jarak antara Pantai Banyutowo dan pusat kota adalah empat jam.

Asal muasal nama Banyutowo tidak lain mengambil dari ujaran bahasa Jawa yang berarti “air tawar”. Kondisi pantai memang sesuai dengan deskripsi nama tersebut.

Keunikan pantai itu ternyata membawa keuntungan tersendiri bagi pengunjung pantai. Karena air tawar yang ada di pantai, pengunjung tidak akan merasakan lengket-lengket saat bermain air. Hal ini berbeda dengan sensasi lengket yang ditimbulkan oleh ...

Candi Sojiwan, Klaten

Candi Sojiwan adalah sebuah peninggalan Budha yang terletak di Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi Sojiwan terletak di antara Candi Plaosan dan Candi Barong.

Kolonel Colin Mackenzie yang diutus Stamford Raffles menemukan reruntuhan Candi Sojiwan pada tahun 1813. Saat itu, dia sedang mendata informasi kepurbakalaan di Jawa. Dia menemukan tembok yang ternyata mengelilingi candi.

Kaki Candi Sojiwan berisi 20 relief. Namun, satu relief sudah tidak dapat dinikmati lagi. Secara umum, relief-relief itu menceritakan kisah Jataka dari India.

Pembangunan Candi Sojiwan diperkirakan antara 842-859 Masehi. Hipotesis ini didasari penemuan Prasasti Rukam yang berangka tahun 907 Masehi. Prasasti yang kini dis ...

Kebun Buah Jumantono, Karanganyar

Kebun Buah Jumantono terletak di Desa Genengan, Kabupaten Karanganyar. Pengelola kebun buah ini membuka agrowisata setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Berbagai buah tropis ditanam di kebun tersebut. Anda dapat memetik langsung dari pohon dan menikmatinya di pelataran kebun. Buah-buah ini dapat juga dibeli untuk dibawa pulang.

Buah yang ditanam di kebun tersebut antara lain matoa, jambu citra, jambu kristal, srikaya jumbo, kelapa, pepaya California organik, jeruk, kelengkeng, rambutan, singkong organik, dan durian. Buah durian jenis Kanie, Montong, dan Lokal adalah primadona Kebun Buah Jumantono. Ketersediaan buah tergantung musim, Maka dari itu, cek dulu musim buah yang ingin Anda nikmati sebelum mengunjung ...

Kali Pusur, Klaten

Kali Pusur di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, terkenal dengan wisata alam penuh tantangan berupa riverboarding. Wisata air ini menantang wisatawan untuk mengarungi jeram sungai dengan menggunakan papan.

Riverboarding dijamin akan membawa pengunjung merasakan pengalaman mengarungi sungai Pusur sambil mengagumi pemandangan alam sekitar. Kegiatan ini diinisiasi oleh Kelompok Pencinta Alam SMUN 1 Karanganom Klaten bernama Pasmaja. Komunitas yang mempunyai hobi riverboarding di Kali Pusur ini melihat potensi wisata dari kegiatan tersebut dan akhirnya mengkomersilkan wisata itu sejak tahun 2012.

Wisatawan yang belum bisa berenang tidak perlu khawatir dengan derasnya aliran sungai sebab Riverboardingdi Kali Pusur aman dilakukan ...

Bukit Gantole, Wonogiri

Bukit Gantole Wonogiri adalah bagian dari Pegunungan Sewu. Secara administratif, bukit ini terletak di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Bukit ini terkenal karena sering dijadikan tempat lepas landas atlet gantole. Bahkan, bukit ini pernah dijadikan tempat menyelenggarakan kejuaraan internasional.

Bukit bernama asli Bukit Joglo/Bukit Prampelan ini sering dikunjungi wisatawan yang ingin melihat pemandangan Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian. Lokasinya yang tersembunyi menjadikannya tidak banyak diketahui pelancong.

Ada dua lokasi landasan paralayang di tempat ini. Bukit Gantole Atas, terletak di ketinggian 400 meter, menyajikan pemandangan indah seperti berada di awan. Sedangkan Bukit Gantole Bawah, terletak di ketinggian 200 met ...

Pemandian Jolotundo, Klaten

Pemandian atau Umbul Jolotundo terletak di Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten. Pemandian ini terletak sekitar delapan kilometer arah selatan dari pusat Kabupaten Klaten.

Umbul Jolotundo mempunyai luas kompleks sekitar 500 meter persegi. Sementara luas kolam untuk umum sekitar 220 meter persegi. Tempat wisata ini sering penuh saat para warga melakukan ritual padusan.

Tiga kolam renang tanpa kaporit di Pemandian Jolotundo mempunyai kedalaman bervariasi. Kolam renang terdalam berkedalaman dua meter, yang sedang 1,5 meter, dan yang terdangkal satu meter.

Berdasarkan legeda tentang Roro Amis, penduduk setempat percaya bahwa pohon pisang dilarang ditanam di sekitar umbul apabila tidak ingin mendapatkan celaka.

...

Makam Sunan Tembayat, Klaten

Sunan Tembayat, disebut juga Sunan Bayat, adalah pemuka agama yang cukup populer di Jawa Tengah. Dia sering dianggap sebagai sunan kesepuluh di luar Walisongo. Sudah jamak diketahui masyarakat bahwa Walisongo adalah sembilan kyai terkemuka yang menyebarkan agama Islam sekitar abad keempat belas.

Peristirahatan terakhir Sunan Tembayat berada di Gunung Jabalkat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sunan Bayat memfokuskan diri untuk menyebarkan agama di daerah Bayat selama hidupnya. Sekarang ini, makam sunan tersebut sering didatangi orang untuk berziarah.

Ada berbagai mitos tentang makan Sunan Tembayat. Salah satu mitos paling terkenal adalah perbedaan jumlah anak tangga saat menaiki dan menuruni tangga ke puncak makam.

Mitos lainny ...

Gua Maria Mojosongo, Surakarta

Gua Maria Mojosongo adalah lokasi wisata religi yang terletak di Debegan RT 004 RW V Kelurahan Mojosongo, Surakarta. Lokasi ini mudah dijangkau karena terletak di Jalan Brigjen Katamso.

Gua buatan ini adalah tempat umat Katolik beribadah dan berziarah. Sebelum didirikan Gua Maria, lokasi ini sering digunakan untuk Doa Rosario.

Tanah lapang yang sekitarnya diisi semak belukar. Itulah keadaan lokasi ini sebelum digunakan sebagai tempat peribadatan. Di lahan berkontur miring tersebut, ditancapkan satu salib besi di tengah-tengah tanah lapang.

Sejarah didirikannya Gua Maria Mojosongo dimulai pada tahun 1975. Sebuah rumah sederhana didirikan di tempat itu sebagai tempat beristirahat dan berteduh para jemaat.

Pastor Purposudarm ...

Bukit Sekipan, Karanganyar

Bukit Sekipan (Kitpan) berada di lembah Gunung Lawu, Kalisoro, Tawangmangu. Lokasi ini berupa kompleks wisata yang sudah ada sejak jaman Hindia-Belanda.

Kitpan pernah digunakan untuk latihan militer, khususnya menembak, Tentara Nasional Indonesia. Wisata hutan dan perkemahan ini cocok dikunjungi wisatawan yang membutuhkan tempat peristirahatan.

Hotel berbintang di Kitpan terdiri dari 17 kamar dengan fasilitas lengkap. Sementara itu, jika datang berkelompok, hendaknya memilih menyewa vila yang yang bisa menampung hingga 12 orang.

Kitpan adalah tempat pilihan mahasiswa dari Kota Solo dsk. untuk mengadakan acara makrab. Di sini, disediakan bumi perkemahan, area outbond, dan berbagai permainan. Area outbond seluas 3.000 meter per ...

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>