Tempat Wisata Solo

Museum Dullah, Surakarta

Museum Dullah terletak di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No. 15 Surakarta. Mengambil nama dari seniman maestro Indonesia, Dullah, museum ini berisi banyak sekali lukisannya dari tahun 1939 hingga 1993. Total terdapat sekitar 900 lukisan karya Dullah yang dipamerkan di museum tersebut. Dullah juga merupakan pelukis resmi Presiden RI pertama, Ir. Soekarno.

Tidak banyak orang mengetahui keberadaan museum ini karena memang belum kembali dibuka untuk umum. Sebabnya, pada saat kerusuhan 1998, banyak perusuh yang mencuri lukisan. Salah satu lukisan yang dicuri adalah karya Raden Saleh.

Meskipun tidak dibuka untuk umum, museum ini tetap ada pengunjungnya, yakni orang-orang tertentu yang mempunyai minat besar terhadap seni, misalnya akademi ...

Waduk Mulur, Sukoharjo

Waduk Mulur di Sukoharjo dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo sebagai salah satu objek wisata unggulan. Lokasi tepatnya terletak di Desa Mulur, sebelah timur ibukota kota kabupaten. Waduk ini merupakan waduk peninggalan jaman Belanda yang kembali diaktifkan pada awal tahun 2000 sebagai cadangan pengairan.

Aktivitas utama yang dapat dilakukan di kawasan wisata ini adalah memancing. Di lokasi ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis ikan. Meskipun demikian, satu jenis ikan yang menjadi ciri khas waduk Mulur adalah ikan predator jenis toman. Memancing toman merupakan tantangan tersendiri karena tarikan toman lebih kuat dibandingkan keluarga snakehead lainnya. Selain toman, Anda dapat menemukan ikan gabus.

Kegiatan lain ya ...

Dayu Alam Asri, Sragen

Dayu Alam Asri, atau juga sering disebut Dayu Park, adalah tempat wisata yang terletak di Desa Dayu, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Tempat wisata terkhusus untuk keluarga ini berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Solo.

Dayu Park merupakan taman rekreasi keluarga seluas lima hektar yang sarat unsur edukasi. Selain suguhan pemandangan hutan jati, sayur-sayuran, dan buah-buahan, Anda bisa mempelajari bermacam-macam hal terkait tanaman-tanaman tersebut. Tersedia informasi mengenai cara menanam, merawat, dan memanen tanaman-tanaman di areal agrowisata Dayu Alam Asri. Jika datang saat musim panen, Anda dapat membeli hasil panennya secara langsung.

Selain agrowisata, ada mini zoo yang berisi berbagai hewan; mulai dar ...

Prasasti Plumpungan, Salatiga

Sebuah peninggalan sejarah yang ditemukan di Dukuh Plumpungan, Desa Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, dipercaya sebagai asal mula kota Salatiga. Prasasti yang kemudian dinamakan Prasasti Plumpungan ini dibuat tahun 750 Masehi.

Prasasti yang juga disebut Prasasti Hamparan berupa batu andesit sepanjang 170 cm, lebar 160 cm, dan berdiameter 5 meter. Tulisan yang terdapat dalam prasasti tersebut berbahasa Jawa Kuno dan Sansekerta.

Berdasarkan tulisan yang ditatah dalam petak persegi empat bergaris ganda yang menjorok ke dalam dan keluar pada setiap sudutnya itu, pada jaman Mataram Kuno, daerah Salatiga dan sekitarnya dibebaskan dari segala kewajiban pajak atau upeti oleh Raja Bhanu.

Tanah perdikan di wilayah ini dibebaskan dari p ...

Pacuan Kuda Nyi Ageng Serang, Sragen

Pecinta hewan khususnya kuda dan pecinta olah raga pacuan kuda harus mendatangi salah satu lokasi wisata di Sragen yakni Pacuan Kuda Nyi Ageng Serang. Anda yang berencana berwisata ke Waduk Kedung Ombo pun dapat melanjutkan perjalanan ke tempat ini karena hanya berjarak 1,5 kilometer dari tepian waduk Kedung Ombo.

Lintasan pacuan kuda Nyi Ageng Serang adalah sepanjang 600 meter. Arena tersebut dibuat sebagai miniatur dari lapangan pacuan kuda Pulo Mas Jakarta.

Kuda-kuda yang dipelihara di sini adalah kuda lokal, kuda Eropa, dan kuda persilangan keduanya. Rute wisata menunggang kuda dapat dilakukan dengan pemandu. Anda bisa berkeliling areal perbukitan dan lembah di sekitar arena pacuan dan waduk Kedung Ombo.

Setelah pacuan ku ...

Sendang Pinilih, Sukoharjo

Tempat berikut dapat dijadikan suatu alternatif wisata air di Sukoharjo. Sendang Pinilih, terletak di Sawah Jero, Jangglengan, Nguter, merupakan sebuah tempat wisata yang masih jarang dikunjungi dengan tarif masuk terjangkau.

Meskipun bernama sendang, yang berarti sumber air alami layaknya mata air, tempat wisata ini sejatinya adalah wisata air buatan berupa kolam renang. Airnya sendiri berasal dari sumur bor. Kolam renang ini dibuka untuk umum pada tahun 2009.

Dalam area ini, terdapat tiga kolam renang dan satu kolam ikan. Satu kolam renang berkedalaman setengah meter, lainnya masing-masing satu meter dan dua meter. Pengelola tempat wisata menyediakan persewaan ban dan pakaian renang untuk pengunjung.

Kantin di dalam areal k ...

Kebun Teh Kemuning, Karanganyar

Perkebunan teh Kemuning berlokasi tepatnya di Ngargoyoso, Karanganyar. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan hijau dari hamparan kebun teh yang berada di sepanjang jalan. Kawasan kebun teh Kemuning berada di antara Candi Cetho dan Candi Sukuh. Suhu rerata 22 derajat Celcius yang menyelimuti tempat ini menjadikan lokasi pariwisata ini sebagai tempat yang tepat untuk terlepas sejenak dari panasnya asap kendaraan bermotor di perkotaan.

Ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di kawasan kebun teh Kemuning. Anda yang suka tantangan dan meningkatkan adrenalin bisa memilih beragam outdoor sport seperti mengendarai ATV, terbang ala flying fox, bermain paintball, dan menjajal paralayang. Fasilitas ini ditawarkan oleh beberapa pen ...

Air Terjun Segoro Gunung, Karanganyar

Kabupaten Karanganyar memang terkenal akan wisata alamnya. Gunung Lawu yang berdiri agung di wilayah ini membuat banyak mata air atau air terjun muncul dari sela-sela bukitnya. Selain Grojogan Sewu yang terkenal, wisatawan bisa melirik alternatif air terjun lain yang tak kalah indah. Masih di sekitar daerah Gunung Lawu, terdapat wisata alam air terjun bernama Segoro Gunung.

Air terjun Segoro Gunung dinamakan demikian karena terletak di Desa Segoro Gunung, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Tempat wisata ini memang belum terlalu familiar, namun pemerintah daerah setempat beserta warga berkomitmen untuk memajukan potensi wisata alam daerah Karanganyar ini.

Ketinggian air terjun Segoro Gunung sekitar 20 meter. Sumber mata ...

Batu Seribu, Sukoharjo

Kota Sukoharjo ternyata mempunyai suatu objek wisata berpaket komplit yakni Batu Seribu. Kawasan tempat wisata itu merupakan perpaduan antara wisata alam pegunungan, lembah, sendang, pemandian dan hutan wisata.

Taman Batu Seribu merupakan salah satu objek wisata keluarga yang lengkap dan cukup menantang. Jalanan berkelok dengan pemandangan Perbukitan Seribu menjadikan perjalanan Anda menuju ke lokasi tersebut mengesankan.  Di kanan-kiri nantinya Anda akan melihat ribuan pohon jati.

Bertempat di lokasi yang strategis, taman tersebut memiliki berbagai fasilitas pendukung piknik keluarga. Ada kolam renang, pemandian sendang (mata air), outbond, dan panggung kesenian. Taman tersebut berdiri di lahan seluas kira-kira 2,5 hektar dan be ...

Grojogan Melati, Selogiri, Wonogiri

Air Terjun Selogiri terletak di Dusun Melati, Desa Keloran, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Terkenal pula dengan sebutan Grojogan Melati, objek wisata alam di Wonogiri ini mempunyai tujuh buah air terjun. Enam di antaranya berundak-undak dalam satu jalur. Letak enam air terjun tersebut berdekatan, kira-kira hanya sekitar 100 meter. Satu air terjun lain letaknya terpisah. Rata-rata ketujuh air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Namun, ada air terjun yang mencapai ketinggian 30 meter.

Ketujuh air terjun tersebut, dari posisi paling bawah, bernama Air Terjun Batu Anjlok, Kedung Dandang, Kedung Bunder, Kedung Turuk, Jurang Gandil, Watu Kandang, Padusan, Kali Tangan dan Kali Telu. Ketujuh air terjun tersebut mem ...

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>