Tempat Wisata Solo

Watu Kandang, Matesih, Karanganyar

Sebuah peninggalan Megalitikum di daerah Matesih, Karanganyar, ini terkenal dengan nama Situs Purbakala Watu Kandang Ngasinan. Lokasinya terletak di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, tepi jalan tembus Tawangmangu – Matesih.

Tidak banyak warga yang mengetahui lokasi situs ini, sehingga, kadang kala letaknya yang sebenarnya di pinggir jalan menjadi terlewatkan. Kompleks Watu Kandang terletak di tanah persawahan dengan aliran air sepanjang tahun. Terdiri dari deretan batu berdiri yang tertata rapi, Watu Kandang diperkirakan sudah ada sebelum candi-candi di Indonesia dibangun.

Ada banyak sekali jenis dan bentuk peninggalan jaman Megalitikum di kompleks batu berjejer itu. Ada Punden Berun ...

Pertapaan Pringgodani, Karanganyar

Objek wisata bersejarah Pertapaan Pringgodani merupakan petilasan Eyang Koconegoro. Tempat bertapa ini terletak di sebelah Barat lereng gunung Lawu pada ketinggian 1.300 meter dari atas permukaan air laut, tepatnya di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu.

Kata “Pringgodani” adalah gabungan dari kata-kata Pring, Nggon, danDani. Berasal dari Bahasa Jawa, Pring artinya bambu, Nggon berarti tempat, dan Dani adalah singkatan dari kata ndandani artinya memperbaiki. Secara keseluruhan, Pringgodani artinya tempat bagi manusia untuk memperbaiki diri.

Nama Eyang Koconegoro/Eyang Panembahan Koconegoro sendiri sebenarnya juga mitos. Arti keseluruhannya, tempat yang dituakan dan bermanfaat untuk bercermin, memperbaiki diri kita.

Sebuah ko ...

Waduk Cengklik, Boyolali

Tempat wisata berikut ini adalah sebuah lokasi wisata dengan pemandangan sangat menawan. Terletak di Kota Boyolali, Waduk Cengklik cukup terkenal di kalangan masyarakat sekitar. Hal ini sedikit banyak disebabkan karena letak waduk Cengklik yang sedemikian rupa sehingga dari tempat ini Anda para pengunjung dapat melihat Gunung Merapi dan Merbabu.

Waduk Cengklik terletak di Dukuh Cengklik, Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Waduk ini ramai dikunjungi pada sore hari terutama pada akhir pekan. Letak waduk ini cukup dekat dari Solo, hanya sekitar 1,5 km di sebelah barat Bandara Adi Sumarmo.

Dibangun sejak jaman penjajahan Belanda, waduk seluas 300 hektar ini digunakan untuk mengairi sawah penduduk setempat. Selain itu, para ...

Air Terjun Kedung Kayang, Boyolali-Magelang

Air Terjun Kedung Kayang terletak di alur Sungai Pabelan yang berasal dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Air terjun yang berada pada ketinggian 950 meter dari permukaan laut ini terletak di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali. Lokasi presisinya adalah di antara Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, dan Desa Klakah, kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Selain itu, Kedung Kayang terletak tepat di tengah jalan tembus Magelang-Boyolali dan terletak di kawasan jalur wisata SSB (Solo-Selo-Borobudur). Lokasinya terletak tepat di sebelah utara objek wisata Ketep Pass.

Secara fisik, air terjun alami ini berketinggian 39 meter dengan posisi kemiringan tebing 80 derajat. Aliran air terjun cukup deras. Su ...

Agrowisata Salib Putih, Salatiga

Agrowisata Salib Putih terletak di sekitar 4m kaki Gunung Merbabu. Tempat ini sering direkomendasikan untuk kegiatan rekoleksi/retreat, pelatihan, outbond, rapat, reuni, pernikahan, ulang tahun dan berbagai acara seminar. Dengan luas area 5 hektar dan lokasi mendukung, Anda bisa juga melakukan kegiatan hiking di sini.

Salib Putih adalah nama desa yang berada di sekitar tempat wisata ini. Desa ini terkenal dengan iklimnya yang sejuk, tata letak bangunan dan perkebunannya yang asri, dan pemandangannya yang indah. Anda dapat melihat Rawa Pening dan Kota Salatiga langsung dari kejauhan. Disediakan sekitar 50 kamar penginapan berdesain modern untuk Anda jika memutuskan untuk melewatkan lebih dari sehari di tempat ini.

Minat utama berw ...

Candi Plaosan, Klaten

Peradaban Hindu dan Budha yang sempat berkembang pesat di Indonesia jaman dahulu memang luar biasa. Walaupun di mayoritas daerah Indonesia kebudayaan Hindu-Budha telah sedikit demi sedikit terasimilasi perkembangan jaman, peninggalan-peninggalan kebudayaan itu adalah bukti visual nyata bahwa dahulu mereka sempat Berjaya di bumi pertiwi.

Salah satu peninggalan budaya bisa berbentuk berupa bangunan dengan arsitektur khas. Candi Plaosan merupakan satu dari banyak peninggalan candi di Jawa Tengah. Plaosan sebenarnya merupakan sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan, Klaten. Terdapat dua buah candi kembar di sini. Dinamakan kembar karena ukuran dan bentuk keduanya sama.

Candi yang berd ...

Alas Kethu, Wonogiri

Objek wisata alam Alas Kethu berlokasi di Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri. Hutan belantara ini terletak cukup dekat dengan pusat Kota Wonogiri. Anda hanya perlu 15 menit perjalanan untuk menikmati secara visual paru-paru kota Wonogiri ini.

Hutan di Wonogiri berfungsi sebagai penyeimbang, ini disebabkan sebagian besar wilayah Wonogiri tidak terlalu subur. Pohon jati, mahoni, akasia, dan kayu putih tumbuh di lahan seluas kurang lebih 40 hektare.

Satu hal unik dari Alas Kethu, tempat wisata alam di Wonogiri ini acapkali dijadikan lokasi syuting pembuatan film dan sinetron laga. Selain aksesnya mudah dijangkau, lokasi hutan cocok dengan Keraton Surakarta. Sinetron-sinetron laga yang menjadikan jaman kerajaan sebagai latar waktunya ...

Pantai Sembukan, Wonogiri

Berada di ujung Wonogiri, Pantai Sembukan mempunyai panorama dan mitos yang sama-sama mengandung misteri. Pantai tersebut adalah salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal di kalangan spiritualis. Tokoh spiritual Kerajaan Surakarta dan Yogyakarta sering berkunjung ke pantai ini untuk melakukan aktivitas spiritual.

Mitos yang berkembang di wilayah pantai ini berkenaan dengan Nyi Roro Kidul. Sang Ratu Laut Selatan konon menggunakan pantai ini sebagai pintu ke-13 untuk menghadiri pertemuan dengan raja-raja Kasunanan Surakarta.

Selain hamparan pasir pantai yang eksotis, karang-karang yang membentuk bukit-bukit bisa ditemukan sepanjang mata memandang. Selama perjalanan menuju pantai ini pun, bukit-bukit karst dan tumbuh-tumbuhan men ...

Pantai Nampu, Wonogiri – Pesisir Tersembunyi Kota Wonogiri Sukses

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata yang relatif “baru ditemukan” namun menarik dan indah, arahkan perangkat navigasi Anda menuju ke Pantai Nampu, Wonogiri. Pantai ini masih tergolong belum banyak diberdayakan oleh Pemerintah Daerah setempat. Namun, kualitasnya tak kalah dari pantai-pantai di sekitarnya.

Pantai Nampu merupakan objek wisata alam yang terletak di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Jaraknya dari Kota Wonogiri sekitar 70km atau 2 jam perjalanan.

Di pantai ini, Anda akan menjumpai hamparan pasir putih dan batu karang. Pantai Nampu mempunyai sekitar tiga titik pantai dengan gundukan daratan hijau yang memisahkan mereka. Selain hamparan pasir, terdapat pula bebatuan karst dan buk ...

Alas Karet, Polokarto, Sukoharjo – Hutan Asri Cocok Untuk Fotografi

Alas Karet merupakan sebuah perkebunan karet yang ada di daerah Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah. Nama tersebut berasal dari kata Alas yang berarti “hutan”. Warga sekitar sering menyingkatnya dengan istilah Alaska. Wilayah tersebut merupakan milik PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero).

Wilayah tersebut, seperti namanya, dipenuhi oleh pohon-pohon karet yang menjulang tinggi. Ukuran pohon karet dewasa bisa mencapai 15-25 meter. Di dalam setiap ruang buah, dapat dijumpai biji karet. Jumlah biji biasanya ada 3-6 buah sesuai dengan jumlah ruang.

Meskipun minim tempat-tempat menarik selain pepohonan itu sendiri, Alaska adalah tempat strategis bagi para fotografer. Masyarakat sering menjadikan Alaska sebagai destinasi dokumentasi, baik ...

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>