Tempat Wisata Solo

Keraton Kasunanan Surakarta

Senin, 23 Nov 2015

Keraton Kasunanan Surakarta atau nama lainnya Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu objek wisata budaya dan sejarah yang ada di Kota Solo. Keraton Kasunanan Surakarta masih berdiri kokoh hingga saat ini. Keraton ini merupakan generasi penerus Kerajaan Mataram Islam. Dulu karena ada konflik dan ada unsur Belanda, maka pada tahun 1755 maka kerajaan ini pecah menjadi Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta.

Keraton Kasunanan Surakarta ini layak untuk dikunjungi. Kita dapat memulai perjalanan dari gerbang Keraton sisi utara (Gapura Gladag), lalu akan menemui sebuah tanah lapang yang luas dengan dua pohon beringin di kanan kirinya, tempat itu adalah Alun-Alun Utara. Di samping Alun-Alun Utara ini terdapat sebuah masjid tua, ya, masjid itu adalah Masjid Agung.

Di seberang Alun-Alun terdapat sebuah pendapa yang megah dan terdapat bangunan  utama di belakangnya. Bangunan utama ini dulunya sebagai Pusat Administrasi pada jaman Paku Buwono X, dan sekarang telah menjadi sebuah museum. Di museum ini terdapat berbagai benda-benda peninggalan Keraton dan terdapat pula beberapa diorama yang menggambarkan keadaan pada jaman dahulu.

Dari museum ini, menuju ke selatan maka akan menemui lorong sempit yang nantinya akan terhubung ke Komplek Utama Keraton Kasunanan Surakarta.

Nah, ketika memasukan Keraton Kasunanan Surakarta ini ada adat istiadat yang harus ditaati, seperti tidak boleh memakai celana pendek, tidak boleh memakai sandal, tidak boleh memakai kacamata hitam, dan tidak boleh memakai baju tanpa lengan.

Jadi, buat Anda yang ingin berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta harus memakai pakaian yang tidak dibolehkan tersebut.

Ketika berada di komplek Keraton kita juga tidak diperbolehkan memakai alas kaki, jadi alas kaki harus dilepas. Di Keraton Kasunanan Surakarta ini kita akan melihat berbagai benda-benda pada masa dahulu. Dengan bangunan yang memiliki arsitektur Jawa Kuno dan sedikit kombinasi arsitektur bangunan Eropa. Salah satu ciri khas dari Keraton Kasunanan Surakarta ini adalah adanya Menara bernama Panggung Songgobuwono yang tinggi yang terdapat di sebelah selatan pelataran.

Hubungi kami untuk dapat mendapatkan panduan wisata dan transport keliling Keraton Surakarta dan objek wisata menarik lainnya di Kota Solo.