Tempat Wisata Solo

Kawasan Ngarsopuro, Surakarta

Selasa, 29 Nov 2016

Kawasan Ngarsopuro adalah suatu kawasan di Solo yang terletak di depan Pura Mangkunegaran. Beberapa tahun yang lalu, kawasan ini terkenal sebagai pusat barang antik dan barang elektronik dengan harga miring. Walaupun begitu, tata lingkungan di kawasan ini semrawut. Maka dari itu, Pada tahun 2009, Pemerintah Kota Surakarta menata pasar-pasar yang terletak di ujung Jalan Diponegoro ini menjadi rapi dan menarik untuk dikunjungi. Pasar ini direlokasi ke lahan yang terletak sekitar 100 meter dari lokasi lama. Setelah direlokasi, kawasan lama tidak lagi kumuh.

Saat ini, kawasan Ngarsopuro dipusatkan sebagai distrik perdagangan dan cagar budaya. Ngarsopuro terdiri dari tiga pasar; Pasar Elektronik, Pasar Ngarsopuro, danPasar Windujenar. Sebelum ditata, Pasar Windujenar terkenal dengan nama Pasar Antik Triwindu. Alasan pemberian nama tersebut adalah agar terkesan lebih modern. Namun, masyarakat Solo hingga sekarang lebih mengenal nama Triwindu dibandingkan dengan Windujenar. Pasar ini telah mempunyai reputasi di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara sebagai tempat berburu benda-benda antik dan kerajinan tangan khas Solo.

Keistimewaan lainnya adalah adanya pasar tiban tiap akhir pekan yang dikenal dengan nama Ngarsopuro Night Market. Gelaran ini rutin diadakan pada hari Sabtu mulai pukul 19.00-21.00 WIB. Mirip dengan pasar malam Sekatenan, para pedagang yang menawarkan dagangannya menempati tenda-tenda yang disediakan Pemkot Solo. Aneka ragam kerajinan, batik, cindera mata, sampai dengan jajanan tersedia di sini. Beberapa jajanan primadona antara lain Bakso Bakar, Cabuk Rambak, Nasi Liwet, Sate Kere, Sosis Solo, Wedang Ronde, dll. Selain berbelanja, Anda dapat menikmati live performance musik etnik maupun modern, tarian, dan kesenian-kesenian lainnya.

Jika Anda tidak hendak membeli suatu barang spesifik di kawasan Ngarsopuro, Anda juga dapat menikmati pemandangan yang memang mencirikan Kota Solo sebagai kota budaya. Tiang lampu, tembok, trotoar didesain sangat menarik. Terdapat rumah lampu yang berbentuk seperti sarang burung. Ada juga tembok dihiasi lukisan-lukisan karya pelukis terkenal yang rutin diganti. Kemudian, Anda juga dapat menemukan topeng-topeng yang dipajang, patung-patung bertemakan alat musik tradisional, dll. Memang, kawasan ini adalah tempat wisata yang menonjolkan keeksotisan seni dan budaya Solo.

Jika Anda membutuhkan sarana transportasi untuk menuju ke kawasan Ngarsopuro, IxoTransport siap membantu Anda. Kami akan mengantar Anda sampai ke tempat tujuan dengan cepat, aman, dan nyaman. Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik wisata Kota Solo.