Tempat Wisata Solo

Museum Gula Klaten

Jumat, 6 Mar 2015

Museum Gula Jawa Tengah yang terletak di Gondangwinangun, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, ini merupakan alternatif menarik bagi Anda sekeluarga untuk berwisata sambil mengenal sejarah agraria Indonesia. Museum ini didirikan sekitar tahun 1982 dan berfungsi untuk mendokumentasikan peta perkebunan gula yang ada di seluruh Jawa Tengah, baik yang aktif maupun tidak.

Museum ini terdapat di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru yang masih beroperasi hingga saat ini. Pabrik itu dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN IX wilayah Jawa Tengah). Bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda ini pernah dijadikan lokasi syuting film Soekarno. Sutradara Hanung Bramantyo memilih tempat ini karena bentuknya yang masih mengesankan jaman dahulu, belum berubah banyak.

Memasuki museum ini, Anda diperkenalkan cara menanam tebu dan memanen hasilnya di sawah. Dokumentasi berupa foto-foto memberi informasi pengunjung tentang keadaan gedung pabrik ketika awal didirikan. Alat-alat bertani sederhana juga dipamerkan di sini; cangkul, sabit, dan lain-lain. Jenis-jenis tebu, macam-macam hama, dan teknologi-teknologi yang relevan dengan pertanian tebu dipamerkan pula di sini. Teknologi canggih tersebut antara lain alat pengukur kekerasan tebu, polarimeter, puteran mini, lampu sorot pabrik gula, timbangan baskul, timbangan gula, dan beberapa teknologi pabrikasi tebu hingga menjadi gula.

Dahulu kala, pada jaman pemerintahan Hindia Belanda, pabrik gula di sepanjang Pulau Jawa difungsikan sebagai tempat pemrosesan tebu dari perkebunan para petani di era cultuur stelsel. Pengangkutan produk gula dilakukan dengan menggunakan delman sapi.

Tahun 1800-an, kereta mulai beroperasi sehingga pengangkutan tebu menuju pabrik gula lebih mudah. Hingga tahun 2000, masih ada sisa rel pengangkut tebu yang tersebar di sepanjang wilayah Klaten. Lokomotif kereta mini pengangkut tebu ini menggunakan bahan bakar kayu. Kereta yang disebut montit oleh orang Jawa itu mulai ditinggalkan semenjak munculnya kendaraan bermotor. Montit mulai ditinggalkan dan diganti truk karena beban biaya tinggi dan jalannya lambat. Kini, montit hanya dioperasikan saat musim panen tebu.

Selain museum tebu, Anda dapat mengunjungi restoran kopi dan kolam renang. Anda juga dapat menaiki montit memutari kawasan pabrik gula Gondang Baru.

Museum Gula Jawa Tengah tepatnya terletak di sekitar 10km ke arah timur dari ujung Candi Prambanan. Museum ini bersebelahan dengan Pabrik Gula Gondang Baru, Green Park, Argowisata, dan rest area Gondangwinangun. Untuk mengantarkan Anda sekalian ke tujuan, IxoTransport memberikan penawaran menarik perihal rental mobil Solo terpercaya.