Tempat Wisata Solo

Desa Wisata Jimbung, Klaten

Senin, 9 Mar 2015

Desa Wisata adalah desa yang mempunyai keunggulan di bidang kepariwisataan domestik maupun mancanegara. Klaten sebagai salah satu wilayah Subosukowonosraten (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Klaten) mempunyai banyak desa wisata. Desa Wisata Jimbung menawarkan ketentraman hidup di pedesaan dengan segala aktivitasnya. Di sini, Anda dapat mengunjungi antara lain Sendang Bulus Jimbung, pegunungan kapur dan area persawahan.

Sendang Bulus Jimbung adalah sebuah mata air yang diyakini dapat memberikan tambahan rejeki. Sedangkan, pegunungan kapur sangat cocok untuk Anda yang menyukai tantangan. Anda dapat memanjat tebing pegunungan kapur dan berjalan ke arah waduk Jombor. Sebuah rumah tua yang diyakini sebagai Rumah Demit terdapat di atas perbukitan kapur. Rumah tersebut tidak dihuni dan sering dikeramatkan orang. Masyarakat percaya bahwa rumah itu dihuni oleh para dedemit. Mereka yang memiliki kepercayaan dan suatu keinginan sering menghabiskan waktu untuk bersemedi di rumah tersebut.

Aktivitas lain yang dapat Anda lakukan di Jimbung adalah mengunjungi area pesawahan. Anda dapat belajar membajak, suatu kegiatan mengolah sawah sebelum ditanami bibit padi. Tempat ini cocok sekali untuk melepaskan kepenatan Anda karena sangat jauh dari kesibukan kota besar. Selain belajar membajak, Anda dapat melihat cara membuat batu bata merah dan membuat genteng dari gamping kapur. Bagi pecinta binatang, disediakan juga sarana edukatif mempelajari cara-cara membudidayakan burung-burung langka seperti Jalak Uren dan Cucak Rowo.

Desa Wisata Jimbung terletak kurang lebih 6 kilometer di sebelah selatan Kota Klaten, tepatnya di Kecamatan Kalikotes. Eksotisme pariwisata di daerah ini dapat dinikmati dengan sempurna andaikata ada sarana transportasi yang siap mengantarkan Anda ke sana. Jika Anda belum memutuskan pilihan, kami menawarkan alternatif sarana transportasi melalui IxoTransport. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik.