Tempat Wisata Solo

Umbul Ponggok, Polanharjo – Melihat Pemandangan Alam dari Sisi Lain

Selasa, 29 Nov 2016

Umbul Ponggok di Polanharjo merupakan salah satu lokasi wisata di Desa Wisata Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul, sumber mata air, Ponggok merupakan umbul terbesar dari lima umbul di desa yang sama. Mata air terbesar di wilayahnya ini memiliki luas kolam pemandian sekitar 6000m2 dan kedalaman kurang lebih 1,5m di bagian pinggir dan mencapai 3m di bagian tengah. Di sekitarnya dikelilingi serambi untuk tempat duduk. Kolam ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Dulunya, kola mini dimanfaatkan untuk pengairan perkebunan tebu.

Di masa sekarang, Umbul Ponggok dikembangkan menjadi objek pemandian umum. Mata air di dasar kolam ini senantiasa menyediakan air mengalir yang jernih. Kondisi umbul tersebut relatif bersih dan alami. Dipastikan tidak ada penambahan senyawa seperti kolam renang buatan untuk membersihkan air dari bakteri, ganggang, dan lumut. Air dari Umbul Ponggok langsung dibuang menuju pintu air dan otomatis diisi dari sumber mata air.

Kolam pemandian Umbul Ponggok terdiri atas dasar kolam yang berisi pasir campur batu kerikil Terdapat banyak jenis ikan air tawar yang hanya boleh dipegang. Dengan kondisi seperti laut mini, kolam ini cocok untuk perkumpulan komunitas belajar menyelam atau fotografi dalam air. Pengunjung diperkenankan melihat dari dekat sumber mata air dengan cara menyelam ke dasarnya. Sumber mata air mudah dikenali karena jika menyelam akan didapati area yang menyemburkan pasir.

Jika Anda ingin menyelam di umbul ini, Anda lebih baik membawa peralatan. Peralatan dasar yang dibutuhkan antara lain kacamata renang, sepatu kata, dan perlengkapan snorkeling (jika punya). Untuk mengabadikan keindahan biota dalam air, Anda diperbolehkan memotret tentunya dengan kamera tahan air.

Selain berenang atau menyelam, terdapat hiburan lain seperti taman bermain anak, kolam renang yang lebih kecil sehingga aman untuk anak-anak, dan sepeda bebek. Tentu saja, banyak warung kuliner khas Klaten yang sayang untuk dilewatkan.

Akses menuju Umbul Ponggok dapat dicapai dari jalan Solo-Yogya. Jika Anda menginginkan perjalanan yang mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan privasi, kami dari IxoTransport menawarkan rental mobil wisata Solo dengan harga terjangkau dan sudah termasuk sopir. Hubungi kami lebih lanjut untuk dapat segera melakukan reservasi.