Tempat Wisata Solo

Air Terjun Jumog, Karanganyar – Wisata ke “Surga yang Hilang”

Selasa, 29 Nov 2016

Air Terjun Jumog terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Objek wisata ini terletak di Lereng Lawu, kurang lebih 200m di sebelah barat Candi Sukuh. Air terjun berketinggian kurang lebih 30m ini masih terlihat sederhana namun justru di situlah letak naturalitas tempat wisata ini. Di kedua sisinya, air terjun Jumog didampingi oleh tiga air terjun lainnya yang bernama Klueng, Kusumajati, dan Jubleg.

Lokasi wisata Jumog baru dibuka untuk umum pada tahun 2004, cukup muda untuk umur sebuah destinasi wisata. Akses ke tempat itu sendiri baru dibangun pada tanggal 7 Agustus 2004 oleh warga Desa Berjo. Mereka menebas semak belukar demi menunjukkan keelokan panorama di sekitarnya. Menurut penuturan orang-orang yang pernah mengunjunginya, setiap pukul 10 pagi muncul pelangi di air terjun ini.

Jumog seringkali disebut The Lost Paradise (“Surga yang Hilang”) oleh masyarakat setempat dan para pengunjung baik dari dalam kota maupun luar daerah. Bagaimana tidak, lingkungan yang masih segar, hijau, natural, dan alami dipadu dengan suara hewan liar sangat merilekskan pikiran. Di sini, Anda dapat sejenak melupakan rutinitas dan kebisingan jalanan kota. Debit air yang tak begitu deras menjadikannya sempurna untuk bermain air sepuasnya dengan aman.

Selain air terjun sebagai tujuan utama, di lokasi ini terdapat arena permainan anak, area peristirahatan, dan home stay. Anak-anak dapat bermain dan belajar mengenal wahana-wahana alam. Anda beserta anggota keluarga yang lain dapat beristirahat di gazebo atau rest area. Sementara home stay cocok sekali bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama tanpa khawatir akan menginap di mana.

Untuk kuliner, jangan khawatir, Tawangmangu pada umumnya dan Jumog pada khususnya memiliki kuliner khas yaitu sate kelinci. Warung-warung di sekitar tempat itu biasanya buka mulai pukul 8 pagi hingga menjelang 5 sore.

Dikelola secara swadaya oleh masyarakat, Air Terjun Jumog kini memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap. Akses menuju tempat tersebut dimudahkan. Lingkungannya rapi dan bersih. Warung-warung sederhana yang menawarkan kuliner lokal pun bersih dan tertata cukup baik. Tertarik datang ke mari? Kami dari IxoTransport menawarkan jasa transportasi rental mobil wisata kota Solo. Hubungi kami dan dapatkan penawaran paket wisata ke Air Terjun Jumog sekarang juga!