Tempat Wisata Solo

Situs Purbakala, Monumen Perjanjian Giyanti, Karanganyar

Kamis, 19 Nov 2015

Monumen Perjanjian Giyanti terletak di desa Janti, kelurahan Jantiharjo, Kecamatan Karanganyar Kota. Nama Giyanti diambil dari lokasi penandatanganan perjanjian ini. Desa Giyanti terletak di tenggara kota Karanganyar, Jawa Tengah. Sekarang, tempat tersebut berlokasi di Dukuh Kerten.

Perjanjian Giyanti berisi pembagian wilayah Kerajaan Mataram Islam menjadi dua; Surakarta dengan pemerintahan Kasunanan dan Yogyakarta dengan pemerintahan Kasultanan. Prasasti ini dibuat pada zaman pemeritnahan Pakubuwono III atau sekitar tahun 1755. Masyarakat Indonesia mengingat sejarah ini secara kolektif dan mengingat kelicikan Belanda menggunakan politik pecah belah (devide et impera) untuk menundukkan para penguasa Jawa melalui politik.

Perjanjian Giyanti menjadi tonggak penting sejarah kerajaan-kerajaan di wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Karena perjanjian inilah, lahir kedua kota yang sekarang menjadi terkenal dengan keunikan masing-masing. Saat ini, masyarakat secara swadaya mengelola tempat tersebut agar layak dikunjungi dan dikenal masyarakat luas. Di tempat ini pula, Anda juga dapat melihat peninggalan arca yang belum sempurna.

Asri, teduh, dan historis adalah penggambaran yang tepat untuk situs wisata monomen Perjanjian Giyanti. Menilik dari ketiga kriteria tersebut, kiranya tempat ini dapat diperhitungkan sebagai alternatif tempat wisata sejarah untuk dikunjungi. IxoTransport siap mengantarkan Anda beserta sanak famili mengunjungi tempat bersejarah ini. Hubungi kami untuk mendapatkan paket wisata menarik.