Tempat Wisata Solo

Pemandian Air Panas Bayanan

Kamis, 28 Apr 2016

Pemandian Air Panas Bayanan adalah spot wisata kesehatan yang dimiliki oleh Kabupaten Sragen. Sumber air panas alam yang keluar dari dalam bumi tersebut terdapat di Dusun Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Terletak dua meter di atas sungai yang berada di sebelahnya, Pemerintah Kabupaten Sragen menjadikan tempat ini sebagai wisata kesehatan dan alam atau sering disebut ekowisata.

Menurut masyarakat setempat, air panas Bayanan mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan cara berendam di kolam tersebut adalah rematik dan gatal-gatal. Selain itu, sumber air ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot, menghilangkan capek-capek, dan membuat awet muda. Orang-orang jaman dahulu menyebut sumber air panas itu “Hyang Tirto Nirmolo”.

Sarana prasarana pendukung pariwisata yang tersedia cukup memadai. Tersedia WC Umum, kamar mandi air panas, ruang ganti pakaian, jalan setapak, warung makan, tempat penginapan, toko kelontong, tempat parkir yang memadai, taman bermain anak, kolam renang, hutan wisata, ruang informasi, dan mushola.

Selain wisata kesehatan, Anda dapat menyegarkan diri dengan melihat suasana pedesaan yang masih alami. Anda dapat melakukan kegiatan penjelajahan (tracking) dan perkemahan (camping) di hutan karet tak jauh dari lokasi pemandian.

Pada saat-saat tertentu, misalnya menjelang bulan Puasa dan Lebaran, sering diselenggarakan kegiatan seni budaya di tempat wisata ini. Kegiatan-kegiatan tersebut umumnya pentas dangdut maupun campursari.

Dengan kondisi prasarana jalan yang cukup baik yakni jalan aspal selebar ± 4 m, lokasi ini cocok dipertimbangkan sebagai tempat Anda berwisata selanjutnya. Tertarik? Kami dari IxoTransport menyediakan sewa mobil murah dan paket wisata Solo. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami.