Tempat Wisata Solo

Umbul Cokro Tulung, Klaten

Jumat, 20 Mar 2015

Mata air Cokro terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Hawa sejuk, mata air jernih, dan pemandangan indah sungai, menjadi faktor penarik utama orang-orang berkunjung ke tempat ini.

Saat memasuki pintu gerbang, Anda akan menemukan sebuah jembatan gantung cukup panjang yang berada di atas sungai besar. Jembatan itu panjangnya 25 meter dengan ketinggian 10 meter di atas sungai bernama Kali Busur itu.

Setelah selesai menyeberangi jembatan, Anda akan sampai ke wisata Umbul Cokro. Anda akan disambut oleh sebuah kolam panjang yang berisikan air jernih mengalir. Mata air yang keluar dari tanah menjadikan air di kolam tersebut selalu jernih. Air ini dialirkan untuk mengairi sawah atau untuk mandi.

Pepohonan rimbun mengelilingi sekitar mata air Cokro. Selain kolam panjang yang sumber airnya langsung dari mata air Cokro, di lokasi dekat dengan itu ada sebuah kolam renang bernama Balik Kambang.

Selain pemandian, fasilitas lain yang terdapat di tempat ini adalah water boom dan flying fox. Penambahan dua fasilitas ini menambah banyak pengunjung Umbul Cokro yang memiliki nama lain Umbul Ingas ini.

Pada waktu tertentu, panitia pengelola Umbul Cokro kadang-kadang menyediakan hiburan konser. Selain itu, pada masa menjelang lebaran, umbul ini selalu dipadati warga maupun wisatawan yang melalukan tradisi padusan. Padusan adalah mandi dengan niat mensucikan diri sebelum bulan Ramadhan.

Objek wisata mata air Cokro menempati lahan seluas 15.000 meter persegi. Terletak di pinggir aliran Kali Busur, Kecamatan Tulung, Klaten, lokasi ini terletak kurang lebih 15km sebelah barat Kota Solo. Anda tertarik mengunjungi objek wisata alam Umbul Cokro ini? Hubungi kami, IxoTransport, sahabat transportasi Anda menikmati Kota Solo.