Tempat Wisata Solo

Sendang Sinongko, Klaten

Jumat, 27 Mar 2015

Sendang Sinongko terletak di Desa Pokak, Kecamatan Ceper. Berlokasi sekitar 7km dari pusat Kabupaten Klaten, alkisah terdapat suatu Kadipaten yang pusat pemerintahannya berada di Perdikan. Kadipaten ini memiliki sendang (mata air) yang dipergunakan sebagai tempat bersuci atau pemandian oleh warga. Sendang tersebut dinamakan Sendang Tirto Sinongko.

Terdapat dua sumber mata air di lokasi Sendang Tirto Sinongko. Di sebelah barat, terdapat mata air bernama Sendang Lanang. Sedangkan, di bagian timur, terdapat Sendang Wadon. Di sekitar sendang, terdapat waduk buatan yang berfungsi untuk irigasi persawahan sekitar.

Seperti sendang-sendang lainnya, Anda dapat bersantai sambil menikmati suasana yang masih asri. Jauh dari keramaian, Sendang Tirto Sinongko merupakan tempat yang tepat untuk menenangkan diri, terbebas dari polusi. Para penjual aneka makanan dan minuman banyak tersebar di sini. Anda juga bisa mandi di pemandian yang sejuk airnya.

Setiap tahunnya, biasanya diadakan upacara adat Tasyakuran Bersih Sendang Sinongko. Acara ini diadakan tiap Jumat Wage di bulan Agustus atau awal September sehabis panen di musim kemarau.

Untuk mencapai tempat wisata di Klaten tersebut, IxoTransport siap membantu Anda dengan menyediakan rental mobil murah yang berkualitas dan terpercaya. Hubungi Kami untuk mendapatkan penawaran lengkap paket wisata di Solo.