Tempat Wisata Solo

Desa Wisata Kliwonan, Sragen

Kamis, 2 Apr 2015

Desa Wisata Kliwonan terletak sekitar 12 km sebelah selatan pusat kota Kabupaten Sragen atau 15 km sebelah timur kota Solo. Desa ini dihuni oleh banyak perajin batik. Kuantitas produksi batik yang dihasilkan perajin Kliwonan paling besar di antara desa lain di Sragen. Oleh sebab itu, kawasan penghasil batik di Sragen lebih dikenal dengan sebutan sentra batik Kliwonan. Pemerintah Kabupaten Sragen menetapkan sentra batik itu sebagai kawasan wisata terpadu, yakni Desa Wisata Kliwonan.

Terdapat bermacam kegiatan yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke Desa Wisata Kliwonan. Yang pertama, tentu saja Anda dapat berbelanja batik di lokasi pembuatannya langsung. Sambangi rumah produksi perajin batik dan belilah produk berkualitas tinggi dengan harga jauh lebih murah daripada membeli di gerai atau butik batik di kota-kota besar.

Selain membeli barang jadi, Anda dapat mengikuti kursus membatik 3 jam. Sebagai pusat pelatihan kerajinan batik, Desa Wisata Kliwonan  menyediakan kursus pembelajaran teknik dasar pembatikan secara singkat dan cepat. Uniknya, hasil belajar membatik dapat dibawa pulang. Hasil tersebut dapat menjadi buah tangan yang berkesan dan tak ada duanya. Lebih lanjut, bagi yang berminat mendalami batik secara serius, disediakan pelatihan membatik untuk profesional selama 5 hari.

Bagi Anda yang suka berjalan-jalan, Anda bisa bersepeda maupun berjalan kaki menyusuri desa. Tersedia persewaan sepeda angin yang disewakan oleh penduduk setempat. Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat siluet Gunung Merapi dan Merbabu ditimpa cahaya keemasan matahari yang sedang terbit.

Kegiatan lain yang tak kalah seru adalah memancing. Anda dapat mencoba memancing di kolam buatan maupun di Sungai Bengawan Solo.

Di bidang kerajinan tangan, selain membatik ada kursus pembuatan kerajinan “Tanah Liat Hitam”. Kerajinan tanah liat hitam semakin langka di masa kini.

Berlanjut di Homestay Mbak Puji Dukuh Kuyang, Desa Kliwonan, Anda dapat mempelajari jenis-jenis tanaman herbal, tanaman obat keluarga, dan cara pemanfaatannya. Di sini, Anda dapat memesan penginapan apabila ingin berlibur lebih lama.

Penggemar fotografi pastilah tidak akan menyia-yiakan kesempatan membidik panorama indah di desa Kliwonan. Tempat ini memang sangat layak sebagai outdoor photography. Pencahayaan alami membuat proses foto tengah hari dapat dengan mudah dilakukan.

Desa Wisata selalu menjadi tempat wisata yang komplit untuk dikunjungi. IxoTransport menyediakan rental mobil murah dilengkapi sopir untuk mengantarkan Anda sampai ke tempat tujuan. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi selanjutnya.