Tempat Wisata Solo

Rawa Jombor, Klaten

Selasa, 29 Nov 2016

Rawa Jombor merupakan wisata air yang ada di Kabupaten Klaten. Lokasi ini berada di tengah Desa Krakitan. Rawa ini dikelilingi beberapa bukit yang sebagian besar merupakan bukit kapur. Mempunyai luas kurang lebih 198 Hektar, rawa ini terletak 8km dari kota Klaten. Rawa ini berkedalaman 4,5m dan dikelilingi oleh tanggul sepanjang 7,5km dan lebar 12 km. Air yang dapat ditampung di rawa ini mencapai 4juta/m3.

Dahulu kala, Rawa Jombor digunakan oleh Sinuwun Paku Buwono X bersama dengan Pemerintah Belanda untuk mengairi pertanian tebu di tahun 1917. Pada tahun 1943, Rawa Jombor dimanfaatkan Pemerintah Jepang untuk dijadikan waduk dengan membangun tanggul di sekelilingnya. Setelah Indonesia merdeka, tepatnya di tahun 1956, Pemerintah Kota Klaten menetapkan Rawa Jombor sebagai salah satu tujuan wisata dan peristirahatan. Sejak 1987, kawasan ini dijadikan sebagai kawasan budidaya ikan air tawar, lambat laun menjadi kawasan wisata dan kuliner ikan hingga saat ini.

Tempat wisata Rawa Jombor memiliki beberapa spot wisata menarik.  Anda dapat menaiki gethek (perahu penumpang dari bambu) untuk menjelajahi rawa sambil menikmati pemandangannya. Kemudian, Rawa Jombor juga terkenal dengan wisata warung apung, yakni warung yang dibangun terapung di atas rawa yang terapung dengan menggunakan rangkaian bambu dan drum. Terdapat puluhan warung apung dengan berbagai nama. Pengunjung dapat makan di warung ini, menuju ke sana dengan menggunakan perahu khusus penyeberangan yang ditarik pekerja. Pada hari Minggu, beberapa warung apung menyediakan orkes dangdut live di warung mereka.

Selain wisata pemancingan dan kuliner warung apung, terdapat pula sebuah kawasan bernama Bukit Sidoguro. Lokasi bukit ini tepat bersebelahan dengan Rawa Jombor. Pertunjukkan dangdut juga diadakan di bukit ini pada hari-hari tertentu. Pada Hari Syawalan, kawasan Bukit Sidoguro ramai dengan acara-acara adat. Syawalan di Rawa Jombor biasanya diadakan pada tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah lebaran, setiap tahun. Pertunjukkan dangdut, pasar malam, dan kirab gunungan doadakan di sini. Kirab gunungan merupakan acara puncak Syawalan di mana banyak sekali pengunjung yang naik ke atas bukit.

Sebagai sebuah tempat wisata yang lengkap; wisata alam, budaya, dan kuliner, Rawa Jombor pantas dipertimbangkan sebagai salah satu tempat wisata yang masuk daftar untuk dikunjungi. Anda tertarik menghabiskan waktu di atas warung apung, menikmati pemandangan, sambil mendengarkan orkes dangdut? Kami dari IxoTransport siap mengantar Anda ke tempat tujuan. Hubungi kami untuk mengetahui paket dan tarif rental mobil murah Solo.