Tempat Wisata Solo

Air Terjun Parang Ijo, Karanganyar

Selasa, 29 Nov 2016

Air terjun Parang Ijo terletak di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Memiliki ketinggian sekitar 50m di lereng Gunung Lawu, air terjun ini berjarak tempuh sekitar 20 menit dari kompleks wisata candi Cetho.

Menurut legenda, pada tahun 1942 ada sebuah pohon tua besar dan didominasi warna hijau. Pohon ini dianggap keramat karena tidak bisa ditebang. Namun, sebuah banjir besar yang dinamai Baru Klinthing mampu menumbangkan pohon tersebut dan membawanya bersama derasnya arus. Pohon tersebut, masih dengan posisi berdiri tegak, mendapat tempat baru di antara tebing (parang), sehingga mempermudah aliran air dari atas tebing menuju lembah melalui batangnya. Air yang mengalir terus-menerus melewati pohon tersebut membuat pohon semakin hijau dengan tumbuhnya lumut-lumut.

Pada tahun 1982, banjir Baru Klinthing kembali melanda daerah tersebut dan menerjang pohon di antara parang itu. Hilangnya pohon membuat aliran air yang awalnya melalui batang pohon menjadi terjun ke bawah tanpa perantara. Maka, terbentuklah air terjun yang dikenal dengan nama Parang Ijo yang berarti berwarna hijau di antara dua tebing.

Dengan keunikan legenda dan keindahan alam Air Terjun Parang Ijo, tempat wisata ini lambat laun mulai dikenal masyarakat. Saat ini, terdapat Menara atau Gardu Pandang, area taman bermain, kolam renang, dan warung makan di lokasi tersebut. Untuk Anda yang suka tantangan, tersedia flying fox yang dapat dijajal di sini. Jika Anda ingin bermalam, tersedia pula homestay.

Untuk menuju ke tempat wisata Air Terjun Parang Ijo, IxoTransport siap memberikan fasilitas rental mobil murah. Segera hubungi kami untuk mengetahui paket-paket wisata yang kami tawarkan khusus untuk Anda!