Tempat Wisata Solo

Grojogan Sewu, Tawangmangu

Selasa, 29 Nov 2016

Grojogan Sewu merupakan wisata alam air terjun yang sangat terkenal di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Arti nama “Grojogan Sewu” sendiri adalah air terjun seribu. Memang tidak terdapat air terjun sebanyak itu di lokasi wisata ini. Namun, ada beberapa titik air terjun yang dapat Anda nikmati.

Air terjun tertinggi berketinggian sekitar 80 meter. Sedangkan, air terjun lain yang tidak terlalu tinggi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang.

Jika memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, Anda tidak hanya menikmati keindahan air terjun dengan hawa dinginnya, tetapi bisa berbelanja sayur-mayur dan buah-buahan cirri khas pegunungan. Selain itu, Anda dapat menjumpai satwa-satwa yang hidup bebas di wilayah ini, misalnya sekawanan kera.

Setelah melalui pintu masuk, ada sekitar ribuan anak tangga yang harus dituruni. Cukup melelahkan, memang. Namun, pihak pengelola telah menyediakan gazebo-gazebo di beberapa titik untuk beristirahat sejenak. Selain istirahat, Anda juga dapat menyaksikan satwa monyet ekor panjang dan tanaman hias yang dijual di sisi jalan.

Setelah sampai di dasar, Anda segera disambut dengan percikan air yang berasal dari air terjun. Terdapat hutan pinus dan pohon-pohon berumur ratusan tahun seluas 20 hektare yang bisa dikunjungi. Selain itu, ada juga fasilitas kolam renang dewasa dan anak-anak. Untuk penggemar kuliner atau yang sekadar ingin mengisi perut, ada warung dengan harga terjangkau. Tentu saja, cirri khas kuliner Tawangmangu yaitu sate kelinci dijual di sini. Beberapa penginapan tersedia di kawasan hutan.

Tertarik mengunjungi tempat wisata terkenal di Tawangmangu tersebut? Atau Anda ingin kembali ke sana lagi bersama keluarga dan kawan-kawan? Hubungi kami dari IxoTransport untuk menyiapkan rencana liburan murah Anda.