Tempat Wisata Solo

Alas Karet, Polokarto, Sukoharjo – Hutan Asri Cocok Untuk Fotografi

Senin, 13 Apr 2015

Alas Karet merupakan sebuah perkebunan karet yang ada di daerah Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah. Nama tersebut berasal dari kata Alas yang berarti “hutan”. Warga sekitar sering menyingkatnya dengan istilah Alaska. Wilayah tersebut merupakan milik PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero).

Wilayah tersebut, seperti namanya, dipenuhi oleh pohon-pohon karet yang menjulang tinggi. Ukuran pohon karet dewasa bisa mencapai 15-25 meter. Di dalam setiap ruang buah, dapat dijumpai biji karet. Jumlah biji biasanya ada 3-6 buah sesuai dengan jumlah ruang.

Meskipun minim tempat-tempat menarik selain pepohonan itu sendiri, Alaska adalah tempat strategis bagi para fotografer. Masyarakat sering menjadikan Alaska sebagai destinasi dokumentasi, baik itu sekadar foto-foto narsis maupun buku kenangan dan prewedding. Beberapa calon pengantin merasa Alaska adalah tempat yang tepat untuk foto pranikah karena selain mendapatkan suasana asri, sejuk, dan keren, pasangan juga tidak malu dilihat orang banyak karena lokasi ini relatif sepi.

Jika Anda mengunjungi tempat ini pagi-pagi buta, Anda akan menemukan pekerja-pekerja yang menyadap karet sekitar pukul 04.00-05.00 WIB. Penyadapan karet pada pagi hari terbukti menghasilkan karet dengan kualitas baik. Getah karet yang disebut lateks tersebut diolah menjadi produk barang jadi seperti balon, permen karet, sarung tangan, dan lain-lain.

Jangan berpikir tempat wisata ini amat terpencil. Walaupun wilayahnya luas, di dekat perbatasan antara hutan dan permukiman penduduk banyak dijumpai warung dan fasilitas-fasilitas layaknya di tempat wisata lainnya. Untuk mencapai lokasi wisata ini, IxoTransport menyediakan fasilitas rental mobil murah. Segera hubungi kami untuk menentukan jadwal liburan Anda!