Tempat Wisata Solo

Pantai Sembukan, Wonogiri

Selasa, 29 Nov 2016

Berada di ujung Wonogiri, Pantai Sembukan mempunyai panorama dan mitos yang sama-sama mengandung misteri. Pantai tersebut adalah salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal di kalangan spiritualis. Tokoh spiritual Kerajaan Surakarta dan Yogyakarta sering berkunjung ke pantai ini untuk melakukan aktivitas spiritual.

Mitos yang berkembang di wilayah pantai ini berkenaan dengan Nyi Roro Kidul. Sang Ratu Laut Selatan konon menggunakan pantai ini sebagai pintu ke-13 untuk menghadiri pertemuan dengan raja-raja Kasunanan Surakarta.

Selain hamparan pasir pantai yang eksotis, karang-karang yang membentuk bukit-bukit bisa ditemukan sepanjang mata memandang. Selama perjalanan menuju pantai ini pun, bukit-bukit karst dan tumbuh-tumbuhan menghiasi pemandangan sepanjang jalan.

Di antara bukit-bukit yang terdapat di Pantai Sembukan, terdapat sekitar tiga bukit tinggi yang cocok untuk melihat pemandangan dan mengabadikan foto. Selain itu, akses untuk menuju ketiga bukit ini sudah diberi fasilitas memadai. Masjid, paseban, dan telah dibangun di ketiga bukit ini sebagai fasilitas untuk wisatawan.

Karang-karang besar sering dijadikan wisata rock climbing oleh para penggemar olahraga ekstrem. Akan tetapi, sangat berbahaya berenang di lautan pantai ini karena terdapat karang-karang kecil yang sangat tajam. Ditambah dengan ombak besar, sangat tidak direkomendasikan berenang di lokasi wisata ini.

Pantai Sembukan terletak di Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Lokasinya sekitar 40 km di ujung selatan Wonogiri. Pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kota Wonogiri. Untuk mencapai destinasi tersebut, IxoTransport sebagai pusat rental mobil murah Solo siap mengantar Anda dan sekeluarga/rekan-rekan Anda. Hubungi kami untuk reservasi jadwal dan armada yang Anda inginkan.