Tempat Wisata Solo

Prasasti Plumpungan, Salatiga

Senin, 21 Sep 2015

Sebuah peninggalan sejarah yang ditemukan di Dukuh Plumpungan, Desa Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, dipercaya sebagai asal mula kota Salatiga. Prasasti yang kemudian dinamakan Prasasti Plumpungan ini dibuat tahun 750 Masehi.

Prasasti yang juga disebut Prasasti Hamparan berupa batu andesit sepanjang 170 cm, lebar 160 cm, dan berdiameter 5 meter. Tulisan yang terdapat dalam prasasti tersebut berbahasa Jawa Kuno dan Sansekerta.

Berdasarkan tulisan yang ditatah dalam petak persegi empat bergaris ganda yang menjorok ke dalam dan keluar pada setiap sudutnya itu, pada jaman Mataram Kuno, daerah Salatiga dan sekitarnya dibebaskan dari segala kewajiban pajak atau upeti oleh Raja Bhanu.

Tanah perdikan di wilayah ini dibebaskan dari pajak. Menurut kebiasaan, desa-desa yang bebas pajak seperti Salatiga dan sekitarnya itu memiliki jasa kepada kerajaan.

Tulisan dalam Prasasti Plumpungan “Srir Astu Swasti Prajabhyah” diartikan “Semoga Bahagia, Selamatlah Rakyat Sekalian.” Tulisan tersebut dibuat pada hari Jumat, 24 Juli 750.

Tempat bersejarah lokasi Prasasti Plumpungan ini dekat dengan rumah penduduk dan dapat dijangkau oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jasa rental mobil murah IxoTransport menawarkan layanan sewa mobil untuk ke wilayah Solo dan sekitarnya. Silakan hubungi kontak kami.