Tempat Wisata Solo

Museum Dullah, Surakarta

Selasa, 29 Nov 2016

Museum Dullah terletak di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No. 15 Surakarta. Mengambil nama dari seniman maestro Indonesia, Dullah, museum ini berisi banyak sekali lukisannya dari tahun 1939 hingga 1993. Total terdapat sekitar 900 lukisan karya Dullah yang dipamerkan di museum tersebut. Dullah juga merupakan pelukis resmi Presiden RI pertama, Ir. Soekarno.

Tidak banyak orang mengetahui keberadaan museum ini karena memang belum kembali dibuka untuk umum. Sebabnya, pada saat kerusuhan 1998, banyak perusuh yang mencuri lukisan. Salah satu lukisan yang dicuri adalah karya Raden Saleh.

Meskipun tidak dibuka untuk umum, museum ini tetap ada pengunjungnya, yakni orang-orang tertentu yang mempunyai minat besar terhadap seni, misalnya akademisi dan sesama seniman. Bagian dalam museum juga selalu dirawat dan dibersihkan berkala. Museum ini kembali dibuka akhir tahun 2015.

Luas museum tersebut adalah 2.200 meter persegi. Terdapat 12 ruangan yang menampilkan karya lukisan yang berbeda. Arsitektur bangunan didominasi nuansa Jawa dan Bali dengan warna dominan putih.

Di bagian utama museum, terdapat patung mendiang Dullah. Beliau digambarkan sedang duduk santai. Di belakangnya, ada lukisan pejuang yang tengah mengangkat senjata. Dullah memang dikenal sebagai pelukis revolusi. Banyak karyanya merupakan lukisan perjuangan.

Tak hanya melukis pejuang, Dullah juga melukis keluarganya dengan berbagai pose. Pengunjung bisa melihat lukisan istri Dullah bernama Fatima dan Sawarno anaknya.

Selain lukisan Dullah, museum ini juga menyimpan lukisan-lukisan perupa lain seperti Affandi dan Sudjojono. Murid Dullah, Muh. Toha, juga menyumbangkan karyanya untuk museum ini.

IxoTransport menawarkan paket rental mobil murah untuk kemudahan perjalanan Anda menikmati Kota Solo. Segera hubungi kontak kami yang tersedia untuk mengetahui promo paket wisata menarik Solo dan sekitarnya.