Tempat Wisata Solo

Pemandian Air Panas Langenharjo

Rabu, 21 Okt 2015

Pemandian Air Panas Langenharjo bukan sekadar pemandian biasa. Objek wisata ini mempunyai nilai historis tinggi. Keluarga Kerajaan Kasunanan Surakarta membangun pemandian ini dengan cara mengebor tanah. Dengan demikian, sumber air hangat tidak terbentuk secara alamiah seperti pemandian air panas di dekat gunung.

Lokasi pemandian ini terletak di daerah Bacem, Grogol, Sukoharjo. Lokasinya tersembunyi di pojok perkampungan di Jalan Langenharjo.

Tempat wisata ini pernah berjaya di era 1970-an dan 1990-an. Pemandian ini menjadi langganan artis untuk ritual setiap tahunnya, khususnya pada ritual malam satu Suro.

Air yang keluar dari sumur bor di Pemandian Air Panas Langenharjo dipercanya mengandung belerang. Karena itulah, air ini dipercaya mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Fasilitas yang tersedia di lokasi ini adalah pemandian, kamar ganti, toilet, dan kolam renang. Tersedia empat bilik berderet sebagai kamar berendam.

Meskipun tempat ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan sangat bersejarah, kondisinya saat ini memprihatinkan. Kualitas air menurun saat Kota Solo dan sekitarnya dilanda banjir besar tahun 1966. Pemandian ini mungkin lebih tepat dikunjungi untuk dinikmati sisi historisnya daripada pengobatannya untuk saat ini.

IxoTransport menawarkan paket rental mobil murah untuk kemudahan perjalanan Anda menikmati Kota Solo. Segera hubungi kontak kami yang tersedia untuk mengetahui promo paket wisata menarik Solo dan sekitarnya.