Tempat Wisata Solo

Kampung Tembaga Tumang, Cepogo, Boyolali

Sabtu, 31 Okt 2015

Desa Tumang, Cepogo, Boyolali, dikenal sebagai kampung sentra industri tembaga dan kuningan. Produk-produknya sudah terkenal hingga ke luar negeri, diekspor ke Amerika Serikat, Australia, Jepang, Filipina, Inggris, dan lain sebagainya. Sentra tembaga Tumang ini lahir tak lepas dari sejarah terbentuknya desa tersebut sebagai desa pengrajin tembaga khususnya untuk alat-alat masak.

Masyarakat Desa Tumang memang mempunyai keahlian untuk membuat alat-alat dari tembaga sejak jaman Kerajaan Mataram. Masyarakat desa ini memang dahulunya membuat alat-alat dari tembaga untuk memenuhi kebutuhan orang dalam dan luar keraton.

Di masa sekarang, dengan berkembangnya pasar, para pengrajin Desa Tumang mulai membuat produksi tidak murni tembaga, akan tetapi dikombinasikan dengan kuningan dan alumunium. Saat ini, Desa Tumang adalah salah satu sentra industri kerajinan tembaga terbesar di Jawa Tengah.

Mengetahui potensi ini, pemerintah setempat menjadikan Desa Tumang sebagai desa wisata. Regenerasi para pengrajin di desa wisata ini juga cukup membanggakan, dengan lebih dari 90% warga berprofesi sebagai pengrajin tembaga dan kuningan.

Kampung Tembaga Tumang merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang bisa mengedukasi Anda dan keluarga Anda. Jika Anda membutuhkan moda transportasi untuk mengunjungi Desa Tumang, ixoTransport siap memfasilitasi Anda dengan armada yang terawat dan biaya sewa yang murah. Segera hubungi kami untuk mendapatkan info lebih lanjut.