Tempat Wisata Solo

Candi Sukuh, Karanganyar

Selasa, 29 Nov 2016

Candi Sukuh adalah candi peninggalan terakhir umat Hindu dari jaman Majapahit. Candi ini terletak di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Lokasi tepatnya, di lereng Gunung Lawu, sekitar 26 kilometer dari Kota Surakarta.

Objek wisata Candi Sukuh ini dinilai banyak orang mengandung kontroversi. Namun, hal itulah yang membuatnya menarik di mata wisatawan, baik domestik maupun internasional. Candi Sukuh dihiasi relief-relief erotis di dinding-dinding candinya. Hal serupa bisa ditemukan di beberapa arca dan patung yang terletak di candi temuan Johnson, tahun 1815 ini. Ragam relief itu disebut erotis oleh masyarakat karena dengan cukup vulgar menggambarkan alat reproduksi manusia.

Bentuk bangunan Candi Sukuh berbeda dengan candi-candi terpengaruh Hinduisme lainnya. Candi Sukuh berbentuk mirip punden berundak dan candi peninggalan suku Maya. Hal ini diduga terjadi karena saat Candi Sukuh dibuat, pengaruh Hinduisme mulai pudar. Arsitektur candi jadi menyimpang dari kitab Wastu Widya yang mengharuskan candi Hindu berdasar bujur sangkar.

Di sekitar lokasi Candi Sukuh, terdapat Pasar Karanganyar. Pasar ini menjadi pilihan utama para wisatawan untuk membeli cindera mata dan makanan khas daerah Jawa Tengah.

Jika Anda memerlukan sarana transportasi untuk menuju ke lokasi Candi Sukuh, manfaatkan jasa rental mobil Solo murah ixoTransport untuk mengantar Anda hingga ke tempat tujuan. Hubungi kami untuk segera memesan paket liburan ke Kota Solo dan sekitarnya.