Tempat Wisata Solo

Telaga Madirdo, Karanganyar

Rabu, 22 Jun 2016

Objek wisata telaga Madirdo berlokasi di Ngargoyoso, Karanganyar. Dengan luas sekitar 1.000 meter persegi serta terletak di cekungan datar seluas 3.000 meter persegi, telaga ini menyimpan potensi wisata yang belum banyak diketahui masyarakat. Padahal, letaknya dekat dengan Candi Cetho, Air Terjun Jumog, Air Terjun Parang Ijo, dan Candi Sukuh.

Legenda Telaga Madirdo yang beredar di masyarakat menceritakan kisah cinta segitiga antara Batara Surya, Dewi Indradi, dan Resi Gutama. Legenda itu melibatkan pusaka Cupu Manik Astagina yang bisa membuat pemiliknya bisa melihat beragam tempat di dunia tanpa harus mendatanginya.

Cupu Manik itu diperebutkan oleh tiga anak anak Dewi Indradi dan Resi Gutama yakni Anjani, Guwarsi, dan Guwarsa. Sejurus kemudian, Resi Gutama menanyakan asal-usul pusaka tersebut kepada Dewi Indradi.

Dewi Indradi yang telah dipesan oleh Batara Surya agar tidak menceritakan perihal cupu manik diam saja. Ini membuat Sang Resi marah dan mengutuk istrinya menjadi batu.

Sang Resi kemudian membuat Cupu Manik Astagina ke sebuah lahan. Tempat dibuangnya pusaka itu langsung menjelma menjadi telaga.

Sementara itu, ketiga anaknya masih memperebutkan cupumanik. Singkat cerita, pertengkaran itu berakhir dengan berubahnya dua saudara Guwarsi dan Guwarsa menjadi Subali dan Hanoman.

Kunjungi Telaga Madirdo di Karanganyar dengan sewa mobil Solo IxoTransport.