Tempat Wisata Solo

Gua Maria Mojosongo, Surakarta

Selasa, 17 Mei 2016

Gua Maria Mojosongo adalah lokasi wisata religi yang terletak di Debegan RT 004 RW V Kelurahan Mojosongo, Surakarta. Lokasi ini mudah dijangkau karena terletak di Jalan Brigjen Katamso.

Gua buatan ini adalah tempat umat Katolik beribadah dan berziarah. Sebelum didirikan Gua Maria, lokasi ini sering digunakan untuk Doa Rosario.

Tanah lapang yang sekitarnya diisi semak belukar. Itulah keadaan lokasi ini sebelum digunakan sebagai tempat peribadatan. Di lahan berkontur miring tersebut, ditancapkan satu salib besi di tengah-tengah tanah lapang.

Sejarah didirikannya Gua Maria Mojosongo dimulai pada tahun 1975. Sebuah rumah sederhana didirikan di tempat itu sebagai tempat beristirahat dan berteduh para jemaat.

Pastor Purposudarmo Pr ingin mendirikan tempat ziarah di tanah itu. Keinginan itu diungkapkannya saat memimpin salah satu Misa Kudus di tahun 1980. Gua Maria Mojosongo diresmikan oleh Mgr. Julius Darmaatmadja SJ tanggal 25 Desember 1983.

Gua Maria Mojosongo memiliki total lahan seluas 4.585 meter. Ruang devosi berukuran besar dikelilingi oleh sebuah taman rindang. Rute jalan salib sudah disediakan sedemikian rupa sehingga peringatan Jalan Salib bisa dilakukan di sini.

Agar tidak gerah, pengunjung bisa memanfaatkan air yang dialirkan melalui keran-keran. Air ini berasal dari Sendang Mojosongo.

IxoTransport menyediakan jasa sewa mobil untuk wilayah Solo dan sekitarnya.