Tempat Wisata Solo

Pemandian Jolotundo, Klaten

Rabu, 25 Mei 2016

Pemandian atau Umbul Jolotundo terletak di Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten. Pemandian ini terletak sekitar delapan kilometer arah selatan dari pusat Kabupaten Klaten.

Umbul Jolotundo mempunyai luas kompleks sekitar 500 meter persegi. Sementara luas kolam untuk umum sekitar 220 meter persegi. Tempat wisata ini sering penuh saat para warga melakukan ritual padusan.

Tiga kolam renang tanpa kaporit di Pemandian Jolotundo mempunyai kedalaman bervariasi. Kolam renang terdalam berkedalaman dua meter, yang sedang 1,5 meter, dan yang terdangkal satu meter.

Berdasarkan legeda tentang Roro Amis, penduduk setempat percaya bahwa pohon pisang dilarang ditanam di sekitar umbul apabila tidak ingin mendapatkan celaka.

Cerita mitos itu sampai ke telinga Sunan Paku Buwono X. Beliau lalu memutuskan untuk mengunjungi umbul dan bersuci di sana.

Pemandian Jolotundo juga mempunyai satu lagi spot menarik yaitu Tepak Bisma. Spot tersebut berupa sebuah batu yang diyakini pernah diinjak Bisma, tokoh ksatria dalam wayang Jawa.

Objek wisata ini telah mempunyai fasilitas standar pemandian lainnya yaitu toilet, kamar ganti pakaian, kantin, dan mushola. Hubungi jasa rental mobil Solo, IxoTransport, untuk memesan  paket wisata ke Umbul Jolotundo.