Tempat Wisata Solo

Candi Sojiwan, Klaten

Rabu, 8 Jun 2016

Candi Sojiwan adalah sebuah peninggalan Budha yang terletak di Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi Sojiwan terletak di antara Candi Plaosan dan Candi Barong.

Kolonel Colin Mackenzie yang diutus Stamford Raffles menemukan reruntuhan Candi Sojiwan pada tahun 1813. Saat itu, dia sedang mendata informasi kepurbakalaan di Jawa. Dia menemukan tembok yang ternyata mengelilingi candi.

Kaki Candi Sojiwan berisi 20 relief. Namun, satu relief sudah tidak dapat dinikmati lagi. Secara umum, relief-relief itu menceritakan kisah Jataka dari India.

Pembangunan Candi Sojiwan diperkirakan antara 842-859 Masehi. Hipotesis ini didasari penemuan Prasasti Rukam yang berangka tahun 907 Masehi. Prasasti yang kini disimpan di Museum Nasional Republik Indonesia itu bercerita tentang sebuah bangunan suci di daerah Limwung. Perkiraan pembangunan candi yang dipugar tahun 2005 ini sama dengan perkiraan tahun pembangunan Candi Plaosan.

Usai rampung dipugar, Candi Sojiwan diresmikan menjadi destinasi wisata sejarah pada 16 Desember 2011. Total tinggi candi ini adalah sekitar 27 meter. Luasnya sekitar 401,3 meter dengan muka candi menghadap ke barat. Total luas kompleks candi adalah 8.140 meter persegi.

Paket wisata candi IxoTransport dapat dipesan untuk perjalanan ke Candi Sojiwan. Segera hubungi melalui kontak resmi yang tersedia di sini.