Tempat Wisata Solo

Pantai Banyutowo, Wonogiri

Selasa, 29 Nov 2016

Pantai berikut ini merupakan lokasi pertemuan antara air laut yang asin dan air sungai bawah tanah yang tawar. Adalah Pantai Banyutowo, sebuah pantai yang terletak di Desa Gudangharjo, Kecamatan Parangguripto, Kabupaten Wonogiri, yang memiliki karakteristik “dua rasa”. Jarak antara Pantai Banyutowo dan pusat kota adalah empat jam.

Asal muasal nama Banyutowo tidak lain mengambil dari ujaran bahasa Jawa yang berarti “air tawar”. Kondisi pantai memang sesuai dengan deskripsi nama tersebut.

Keunikan pantai itu ternyata membawa keuntungan tersendiri bagi pengunjung pantai. Karena air tawar yang ada di pantai, pengunjung tidak akan merasakan lengket-lengket saat bermain air. Hal ini berbeda dengan sensasi lengket yang ditimbulkan oleh air laut yang asin.

Sebuah sumber air tawar dari sungai bawah tanah mengalir dari celah perbukitan. Meskipun debit air cukup besar dan airnya jernih, penduduk setempat masih belum dapat memanfaatkan aliran air ini secara maksimal. Aliran air ini hanya dibiarkan terbuang sia-sia ke Laut Selatan.

Pantai Banyutowo adalah salah satu destinasi wisata alam rekomendasi IxoTransport. Segera hubungi kami untuk sewa mobil Solo murah dan terpercaya.